Apa yang dimaksud dengan Penuaan Populasi?

japan

Population Ageing atau penuaan populasi adalah peningkatan proporsi jumlah penduduk lanjut usia di suatu wilayah atau negara. Fenomena ini ditandai dengan peningkatan usia harapn hidup, dan disertai dengan keberhasilan kebijakan pemerintah dalam menekan angka kelahiran di suatu wlayah atau negara.

Aging population atau penuaan penduduk menurut United Nation adalah fenomena yang terjadi ketika umur median penduduk dari suatu wilayah atau negara mengalami peningkatan yang disebabkan oleh bertambahnya tingkat harapan hidup atau menurunnya tingkat fertilitas.

Meningkatnya tingkat harapan hidup dan menurunnya tingkat fertilitas ini merupakan suatu keberhasilan bersama dari beberapa aspek, seperti penurunan tingkat kematian bayi, perbaikan akses terhadap pendidikan, bertambahnya lowongan pekerjaan, peningkatan kesetaraan gender, gencarnya program kesehatan produksi, dan terlebih lagi semakin terjangkaunya fasilitas kesehatan untuk sebanyak mungkin masyarakat. Kesemua faktor tersebut berkontribusi dalam menaikkan tingkat harapan hidup (UN, 2015).

Para ahli demografi mengistilahkan suatu negara atau wilayah mengalami penuaan penduduk ketika proporsi penduduk yang berusia lanjut dari suatu wilayah tersebut mengalami peningkatan (Ortman, 2014).

Penduduk berusia lanjut berdasarkan UU No. 13 Tahun 1998 adalah mereka yang telah mencapai usia lebih dari 60 tahun.

Ukuran Penuaan Populasi


Secara demografis, penuaan penduduk dapat dilihat dari beberapa ukuran (Mundiharno, 1997), di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Rasio beban ketergantungan penduduk tua. Suatu penduduk dapat disebut
    sebagai penduduk tua jika angka ketergantungan penduduk tua sebesar 10 persen atau lebih, atau jika ketergantungan penduduk muda sebesar 30 persen atau kurang.

  2. Persentase penduduk tua, yaitu ketika proporsi penduduk berumur 65 tahun
    ke atas telah di atas 7 persen

  3. Umur median penduduk 20, yang artinya bahwa 50 persen dari penduduk berumur 20 tahun ke bawah dan 50 persen lainnya berumur 20 tahun ke atas.

Referensi :

  • UN, Departement of Economic and Social Affair, Population Division. 2015. World Population Ageing 2015.
  • Ortman, Jennifer M., Victoria A. Velkoff, and Howard Hogan. 2014. An Aging Nation: The Older Population in The United States; Current population repots. Current Population Reports P25-1140. Washinton, DC: US Bureau, Population Projections Branch.

Populasi menua (Lanjut Usia) sebagai salah satu tantangan sosial dan ekonomi yang amat penting pada saat sekarang ini. Penuaan populasi adalah peningkatan proporsi jumlah penduduk lanjut usia di suatu wilayah atau negara. Fenomena ini ditandai dengan meningkatkan usia harapan hidup, dan disertai dengan keberhasilan kebijakan pemerintah dalam menekankan angka kelahiran suatu wilayah dan negara. Meningkatnya usia harapan hidup penduduk menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

Penuaan populasi adalah hasil dari perubahan demografis jangka panjang, pergeseran sifat reproduksi populasi, fertilitas dan mortalitas dan rasionya, serta, sebagian, migrasi.
Ada dua jenis penuaan populasi :

  • Penuaan dari bawah, yang merupakan akibat dari menurunnya kesuburan;
  • Penuaan dari atas, yang merupakan akibat dari peningkatan rata-rata usia harapan hidup, penurunan angka kematian pada usia lanjut dalam kondisi fertilitas rendah.

Menurut perkiraan PBB, populasi dunia berusia 60 tahun ke atas adalah 600 juta pada tahun 2000, hampir tiga kali lipat kelompok usia pada tahun 1950 (205 juta). Pada tahun 2009, melebihi 737 juta orang, dan pada tahun 2050 akan menjadi lebih dari 2 miliar orang, tiga kali lipat sekali lagi selama periode 50 tahun.

(Burtless, 2013) Pertumbuhan penduduk usia tua lebih cepat dibandingkan penduduk muda merupakan perubahan karakteristik demografi menuju aging population. Penurunan tingkat kelahiran penyebab lambatnya pertumbuhan penduduk usia muda, angka harapan hidup menjadi penyebab terjadinya percepatan pertumbuhan penduduk.

Pelambatan pertumbuhan produktivitas adalah tantangan utama lainnya untuk negara-negara Asia, seperti juga untuk kawasan lain. Regional Economic Outlook: Asia and Pacific bulan April 2017 mendokumentasikan perlambatan di Asia sejak krisis keuangan global dan mengidentifikasi penggerak utamanya, termasuk penurunan dalam investasi penelitian dan pengembangan (R&D), keterbukaan perdagangan, dan PMA. Tetapi dinamika tingkat perusahaan—misalokasi sumber daya antar perusahaan dengan produktivitas yang berbeda—juga dapat menjadi faktor penting.

Sumber

Penuaan Populasi

Prospek Ekonomi Kawasan Asia dan Pasifik

Penuaan Penduduk