Apa yang dimaksud dengan penglihatan ganda?

image

Penglihatan ganda adalah kegagalan konvergensi visual sehingga seseorang melihat gambar yang berbeda dengan dua mata yang sesuai dengan gambar retina. Hal ini biasanya karena strabismus atau kerusakan lobus oksipital jika kronis tetapi sering terjadi pada kasus keracunan dan kelelahan yang ekstrem.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)

Pengantar

Kapan pun Anda dapat dengan jelas melihat duplikat atau bayangan dari hal utama yang Anda lihat, Anda mengalami penglihatan ganda.

Penglihatan ganda biasanya memengaruhi kedua mata Anda pada saat yang sama, tetapi terkadang hanya memengaruhi satu mata. Penglihatan ganda di satu mata disebut diplopia monokuler, dan itu bisa sangat membingungkan.

Penyebab penglihatan ganda pada satu mata dapat berkisar dari yang ringan hingga yang parah. Artikel ini akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang penglihatan ganda pada satu mata, termasuk tanda-tanda bahwa Anda perlu berbicara dengan profesional medis.

Diplopia Monokuler vs. Binokuler

Jika Anda memiliki diplopia di satu atau kedua mata, Anda melihat dua objek saat Anda melihat satu gambar.

Jika Anda hanya memiliki penglihatan ganda saat kedua mata terbuka, Anda memiliki penglihatan ganda di kedua mata, yang disebut diplopia binokuler.

Penglihatan ganda di kedua mata dapat disebabkan oleh kondisi mata, tetapi juga dapat dikaitkan dengan cedera seperti gegar otak dan trauma kepala.

Jika Anda bisa menutup satu mata dan masih melihat dua kali lipat, Anda hanya memiliki penglihatan ganda di satu mata. Ini disebut diplopia monokuler.

Penyebab penglihatan ganda di satu mata

Jika Anda hanya melihat dua kali lipat pada satu mata, penyebabnya kemungkinan besar terkait dengan mata Anda sendiri (berlawanan dengan kondisi saraf atau otak). Kemungkinan penyebabnya meliputi:

1. Mata kering
Mata kering bisa menjadi gejala sementara dari kondisi lain, seperti alergi. Mata kering juga bisa menjadi kronis. Dalam kasus ini, ini disebut sebagai sindrom mata kering.

Saat permukaan mata Anda tidak mendapatkan lubrikasi dari air mata alami Anda, gambar buram atau “bayangan” di satu mata bukanlah hal yang aneh.

2. Astigmatisme
Astigmatisme mengacu pada ketidaksempurnaan lekukan lensa atau kornea mata Anda. Jika lensa atau kornea tidak memiliki kurva yang sempurna, Anda mungkin mengalami distorsi atau penglihatan kabur.

Jika Anda memiliki astigmatisme hanya pada satu mata, Anda mungkin mengalami penglihatan ganda hanya pada mata itu.

3. Keratoconus
Menurut American Academy of Ophthalmology, keratoconus (ketika kornea Anda menipis dan menonjol keluar) adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan menggosok mata dan cedera mata. Itu juga tampaknya genetik.

American Academy of Ophthalmology juga menjelaskan bahwa keratoconus biasanya muncul di usia remaja akhir atau awal 20-an. Jika Anda memilikinya, Anda mungkin mengalami penglihatan ganda hanya dalam satu mata.

4. Katarak
Katarak menyebabkan lensa yang membantu memfokuskan mata menjadi keruh. Jika Anda memiliki katarak di satu mata, penglihatan ganda di satu mata bisa menjadi indikator awal.

5. Pterigium
Pterigium adalah pertumbuhan non-kanker yang sering kali berbentuk baji. Bila Anda memiliki pterigium, konjungtiva atau selaput lendir tumbuh menjadi bidang penglihatan Anda.

Kondisi ini biasanya tidak memprihatinkan, dan bisa dihilangkan jika mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Salah satu gejala pterigium adalah penglihatan kabur atau ganda pada satu mata.

Mendiagnosis penglihatan ganda di satu mata

Jika Anda mengalami diplopia monokuler berulang, dokter mata Anda perlu melakukan pemeriksaan mata lengkap untuk memastikan gejala Anda dan mengidentifikasi alasannya.

Pemeriksaan mungkin dimulai dengan dokter mata Anda meminta Anda untuk melihat gambar dan melihat apakah terjadi penglihatan ganda atau kabur. Anda mungkin akan diminta untuk menutup satu mata dan melihat apakah gejalanya terus berlanjut.

Dokter Anda kemudian akan melakukan pemeriksaan mata dan melihat setiap bagian mata Anda. Proses ini biasanya akan terungkap jika Anda menderita awal katarak, atau jika Anda menderita astigmatisme.

Jika pemeriksaan fisik mata Anda tidak mengungkapkan mengapa Anda mengalami penglihatan ganda, Anda mungkin memerlukan pencitraan tambahan (seperti MRI), rujukan ke spesialis, atau pemeriksaan neurologis untuk menyingkirkan kondisi lain.

Perawatan untuk penglihatan ganda di satu mata

Perawatan untuk penglihatan ganda di satu mata akan bergantung pada apa yang menyebabkan gejala Anda. Perawatan yang mungkin termasuk:

  • obat tetes mata untuk melumasi mata Anda dan meredakan gejala mata kering
  • lensa korektif untuk meningkatkan penglihatan Anda jika Anda memiliki astigmatisme
  • operasi untuk menghilangkan pertumbuhan katarak atau pterigium
  • perawatan bedah jika Anda memiliki keratoconus lanjut
Sumber

Gambaran

Diplopia menyebabkan Anda melihat dua gambar dari satu objek. Kondisi ini biasa disebut penglihatan ganda. Biasanya, masalah penglihatan ini disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya. Mengidentifikasi dan mengobati penyebabnya dapat membantu Anda memulihkan penglihatan dan menghentikan munculnya gejala lain.

Ada dua jenis diplopia: diplopia monokuler dan diplopia binokuler. Anda dapat mengetahui jenis diplopia yang Anda miliki dengan tes sederhana. Saat penglihatan ganda terjadi, tutup satu mata. Jika penglihatan ganda menghilang saat menutupi kedua mata Anda memiliki diplopia binokuler. Dalam diplopia monokuler, penglihatan ganda hilang ketika mata yang terpengaruh atau “buruk” ditutup, dan kembali ketika mata yang tidak terpengaruh atau “baik” ditutup.

Diplopia monokuler adalah akibat dari masalah pada salah satu mata Anda. Masalah di dalam otak Anda atau saraf di mata Anda mungkin menjadi penyebab diplopia binokuler. Setelah dokter Anda mengidentifikasi jenis penglihatan ganda yang Anda miliki, mereka dapat mulai mencari penyebabnya.

Penyebab diplopia monokuler

Penglihatan ganda bermata terjadi karena masalah dengan satu mata dan lebih jarang terjadi dibandingkan penglihatan ganda binokuler. Banyak orang dengan diplopia monokuler melaporkan bahwa salah satu gambar akan sangat jelas, sedangkan gambar lainnya akan pudar atau pudar.

Kemungkinan penyebab Gejala dan informasi tambahan
Astigmatisme parah Bentuk dan kelengkungan mata yang tidak teratur dapat menyebabkan penglihatan kabur dan penglihatan ganda.
Perubahan bentuk kornea (keratoconus) Masalah penglihatan ini terjadi ketika lapisan bening di bagian depan mata (kornea) mulai menipis dan membentuk tonjolan berbentuk kerucut. Tonjolan ini dapat menyebabkan penglihatan ganda, penglihatan kabur, dan kepekaan terhadap cahaya. Bekas luka atau pembengkakan pada kornea juga bisa menyebabkan perubahan penglihatan.
Katarak Lensa yang menutupi mata Anda biasanya jernih, tetapi katarak menyebabkannya menjadi keruh dan berkabut seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan masalah penglihatan, termasuk penglihatan ganda. Masalah lain dengan posisi atau bentuk lensa juga bisa menyebabkan penglihatan ganda.
Mata kering Mata Anda terus-menerus menghasilkan cairan pelumas. Cairan ini membuat Anda lebih nyaman berkedip atau memutar mata. Jika tidak ada cukup cairan, Anda mungkin mengalami masalah perih, gatal, dan penglihatan.
Pterigium Gejala utama dari masalah penglihatan ini adalah pertumbuhan yang menonjol dan berdaging pada jaringan bening yang menutupi kelopak mata dan bola mata. Pertumbuhan ini tidak bersifat kanker. Ini adalah penyebab langka penglihatan ganda dan masalah hanya terjadi ketika pertumbuhan menutupi kornea.

Penyebab diplopia binokuler

Diplopia binokuler akan hilang jika Anda melindungi satu mata. Penglihatan ganda terjadi karena kedua mata tidak bekerja sama. Orang dengan jenis penglihatan ganda ini akan sering melaporkan bahwa dua gambar yang mereka lihat sama jelasnya.

Kemungkinan penyebab Gejala dan informasi tambahan
Kerusakan saraf Saraf halus mata Anda bertanggung jawab untuk menjalankan informasi antara mata dan otak Anda. Setiap peradangan atau cedera pada saraf dapat menyebabkan penglihatan ganda.
Diabetes Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan saraf yang dapat menyebabkan penglihatan ganda dan masalah penglihatan permanen.
Kelumpuhan saraf kranial Saraf kranial berjalan di sepanjang permukaan otak Anda. Terkadang, saraf ini bisa menjadi lumpuh. Jika ini terjadi, Anda mungkin mengalami masalah penglihatan, termasuk penglihatan ganda. Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab umum.
Myasthenia gravis Kondisi kekebalan ini mempengaruhi komunikasi antara saraf dan otot di seluruh tubuh Anda. Di mata, ini bisa menyebabkan cepat lelah. Kelemahan otot mata ini bisa menyebabkan penglihatan ganda.
Penyakit Graves Gangguan sistem kekebalan ini disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif. Sekitar 30 persen orang dengan kondisi ini mengalami beberapa jenis masalah penglihatan
Strabismus (mata juling) Ini adalah penyebab umum penglihatan ganda pada anak-anak. Otot-otot mata sulit bekerja sama. Ini menyebabkan berbagai masalah penglihatan dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. Masalah ini membutuhkan perhatian spesialis mata pada setiap anak yang berusia di atas 4 bulan.

Kapan harus menghubungi dokter

Penglihatan ganda selalu membutuhkan evaluasi dokter untuk menentukan penyebabnya. Penglihatan ganda adalah gejala dari sesuatu yang tidak normal yang terjadi di dalam mata, otak, atau sistem saraf Anda. Masalahnya membutuhkan evaluasi lengkap untuk mengungkap penyebabnya.

Dalam banyak kasus, gambaran ekstra yang Anda lihat di bidang penglihatan Anda adalah hasil dari kondisi yang bisa diobati. Tetapi setiap perubahan mendadak dalam penglihatan Anda membutuhkan perhatian medis segera.

Beberapa kondisi memerlukan perawatan medis segera untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen atau komplikasi yang mengancam jiwa.

Sumber