Apa yang dimaksud dengan Pengetahuan Prosedural?

image

Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan yang menunjukkan kemampuan melakukan sesuatu, bukan hanya dapat mengetahui atau menjelaskan bagaimana cara melakukan sesuatu. Dengan demikian, banyak orang yang mengetahui cara mengendarai sepeda tetapi mungkin mengalami kesulitan dalam menjelaskan cara bersepeda. Memiliki keterampilan untuk mencapai sesuatu yang sulit.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)

Memori prosedural adalah jenis memori jangka panjang yang melibatkan cara melakukan berbagai tindakan dan keterampilan. Pada dasarnya, ini adalah ingatan tentang bagaimana melakukan hal-hal tertentu. Mengendarai sepeda, mengikat sepatu, dan memasak telur dadar adalah contoh memori prosedural.

Melihat Lebih Dekat pada Memori Prosedural

Ingatan prosedural mulai terbentuk di awal kehidupan saat Anda mulai belajar berjalan, berbicara, makan, dan bermain. Kenangan ini menjadi begitu mendarah daging sehingga hampir otomatis. Anda tidak perlu secara sadar memikirkan bagaimana melakukan keterampilan motorik ini; Anda hanya melakukannya tanpa banyak berpikir.

Meskipun mudah untuk mendemonstrasikan tindakan ini, menjelaskan bagaimana dan di mana Anda mempelajarinya bisa jadi jauh lebih sulit. Dalam banyak kasus, Anda mempelajari keterampilan ini selama masa kanak-kanak.

Mempelajari cara berjalan adalah salah satu contoh yang bagus. Setelah tindakan ini dipelajari, Anda tidak perlu secara sadar mengingatkan diri Anda sendiri tentang bagaimana proses tersebut bekerja. Memori prosedural Anda mengambil alih dan memungkinkan Anda untuk melakukan keterampilan tanpa memikirkannya. Untuk aktivitas seperti belajar mengemudi atau bersepeda, Anda cukup melatihnya begitu sering sehingga menjadi tertanam.

Contoh Memori Prosedural

Anda menggunakan memori prosedural untuk tindakan ini:

  • Menulis dengan pena
  • Mengetik di keyboard
  • Sedang bermain basket
  • Bermain piano
  • Renang
  • Berjalan

Bagaimana Memori Prosedural Dibentuk

Memori prosedural terbentuk ketika koneksi dibuat antara sinapsis, celah di ujung neuron yang memungkinkan sinyal lewat. Semakin sering suatu tindakan dilakukan, semakin sering sinyal dikirim melalui sinapsis yang sama. Seiring waktu, rute sinaptik ini menjadi lebih kuat dan tindakan itu sendiri menjadi tidak sadar dan otomatis

Sejumlah struktur otak dikaitkan dengan pembentukan dan pemeliharaan memori prosedural. Otak kecil, misalnya, dikaitkan dengan koordinasi gerakan dan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk banyak aktivitas seperti menggambar, melukis, memainkan alat musik, menulis, dan mematung. Sistem limbik, area lain di otak, juga dikenal untuk mengoordinasikan banyak proses yang terlibat dalam memori dan pembelajaran.

Perbedaan Antara Memori Prosedural dan Memori Deklaratif

Memori prosedural dianggap sebagai jenis memori implisit. Ingatan implisit adalah ingatan yang terbentuk tanpa usaha. Ketika lirik lagu populer terjebak di kepala Anda, itu adalah contoh ingatan implisit yang sedang bekerja. Anda belum berusaha keras untuk mempelajari lirik dan melodi lagu tersebut. Hanya dengan mendengarnya di latar belakang saat Anda menjalani hari Anda akan mengarah pada pembentukan memori implisit.

Memori deklaratif, di sisi lain, adalah hal-hal yang sengaja Anda ingat dan membutuhkan upaya sadar untuk memasukkannya ke dalam memori. Juga dikenal sebagai memori eksplisit, jenis memori ini melibatkan hal-hal seperti mengingat informasi untuk ujian, bahwa Anda memiliki janji temu dokter gigi dan alamat rumah Anda.

Ingatan prosedural seringkali sulit untuk dijelaskan. Jika seseorang bertanya kepada Anda bagaimana Anda mengemudikan mobil atau bersepeda, Anda mungkin kesulitan menjelaskannya dengan kata-kata. Namun, jika mereka menanyakan cara mengemudi ke rumah Anda, Anda mungkin dapat menjelaskan rutenya dengan cukup mudah. Mengingat proses fisik tentang bagaimana melakukan sesuatu (seperti mengendarai mobil) adalah memori prosedural sementara mengingat rute yang harus Anda ambil untuk mencapai suatu tempat adalah memori deklaratif.

Sumber