Apa yang dimaksud dengan Pengembangan Masyarakat?

pengembangan masyarakat

Akhir-akhir ini dengan menguatnya kesadaran masyarakat untuk mengambil peran secara lebih dalam mengenai pengembangan masyarakat cukup menyita perhatian publik, maka apa yang dimaksud dengan Pengembangan Masyarakat itu sendiri?

Gagasan pengembangan masyarakat ( community development ) muncul dalam diskursus keilmuan sebagai sebuah respon terhadap banyaknya masalah yang dihadapi umat manusia pada akhir abad ke 20. Beberapa ahli menyatakan, pengembangan masyarakat merupakan penjelmaan dari sebuah format politik baru pada awal abad ke-20. Pengembangan masyarakat mulai tumbuh sebagai sebuah [gerakan sosia pada tahun 1970-an menyusul mulai bangkitnya kesadaran progresif dari sebagian komunitas internasional untuk memberi perhatian terhadap kebutuhan layanan kesejahteraan bagi orang-orang lemah (disadvantage), menerima model kesejahteraan redistributif secara radikal, memberlakukan model kewarganegaraan aktif dan memberi ruang bagi partisipasi warga dalam proses pembangunan (participatory model) (Winsome Robert, 2005: 47)

Pengertian Pengembangan Masyarakat

Pengembangan masyarakat adalah upaya mengembangkan sebuah kondisi masyarakat secara berkelanjutan dan aktif berlandaskan prinsip-prinsip keadilan sosial dan saling menghargai. Para pekerja kemasyarakatan berupaya memfasilitasi warga dalam proses terciptanya keadilan sosial dan saling menghargai melalui program-program pembangunan secara luas yang menghubungkan seluruh komponen masyarakat. Pengembangan masyarakat menerjemahkan nilai-nilai keterbukaan, persamaan, pertanggung-jawaban, kesempatan, pilihan, partisipasi, saling menguntungkan, saling timbal balik dan pembelajaran terus-menerus. Inti dari pengembangan masyarakat adalah mendidik, membuat anggota masyarakat mampu mengerjakan sesuatu dengan memberikan kekuatan atau sarana yang diperlukan dan memberdayakan mereka (FCDL, 2003:1).

Keadilan Sosial : Sebuah Visi Pengembangan Masyarakat

Berdasarkan buku pengembangan masyarakat yang disusun oleh Dr. Zubaedi, M.Ag., M.Pd. Keadilan sosial menjadi prinsip penting dalam pengembangan masyarakat dan pengembangan pusat-pusat pelayanan masyarakat. Keadilan sosial (social justice) bekerja saling melengkapi dengan perspektif ekologi. Keduanya sesungguhnya tidak bisa saling dipisahkan. Keadilan sosial tidak lengkap tanpa adanya perlindungan terhadap kelestarian ekologi (perspektif ekologis). Keduanya berperan sebagai fondasi bagi pengembangan masyarakat.

Prinsip - Prinsip Pengembangan Masyarakat

Terdapat nilai-nilai kunci yang menjadi dasar bagi teori, tujuan, tugas, proses dan praktek pengembangan masyarakat. Nilai-nilai ini menjadi dasar kegiatan, asumsi, komitmen dan prinsip pengembangan masyarakat. Secara garis besar ada empat prinsip pengembangan masyarakat. Pertama, pengembangan masyarakat menolak pandangan yang tidak memihak pada sebuah kepentingan (disinterest). Prinsip pengembangan masyarakat yang kedua adalah mengubah dan terlibat dalam konflik. Pengembangan masyarakat bertujuan untuk mengubah struktur yang diskriminatif, memaksa dan menindas di masyarakat. Prinsip pengembangan masyarakat yang ketiga adalah membebaskan, membuka masyarakat dan menciptakan demokrasi partisipatori. Dan prinsip keempat dalam pengembangan masyarakat adalah kemampuan mengakses terhadap program-program pelayanan kemasyarakatan. Pengembangan masyarakat menempatkan program-programnya di lokasi yang dapat diakses oleh masyarakat.

Reference

Zubaedi. 2013. Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik . Jakarta: Kencana Prenada Media Group. (Book style)