Apa yang dimaksud dengan pengangguran voluntary?

Pengangguran voluntary

Jenis-jenis pengangguran beragam, lalu apakah yang dimaksud pengangguran voluntary?

Pengangguran dapat diklasifikasikan menurut berbagai cara misalnya menurut wilayah geografis, jenis pekerjaan dan alas an mengapa orang tersebut menganggur. Pengangguran voluntary merupakan jenis pengangguran menurut sifat dan penyebabnya.

Pengangguran voluntary yaitu pengangguran yang terjadi karena seseorang yang masih mampu bekerja tetapi dengan sukarela ia tidak bekerja karena telah memiliki penghasilan dari harta kekayaan mereka. Misalnya: menyewakan rumah, kendaraan, dan menikmati bunga uang simpanan.

Pengangguran yang terjadi kalau ada pekerjaan yang tersedia, tetapi orang yang menganggur tidak bersedia menerimanya pada tingkat upah yang berlaku untuk pekerjaan tersebut disebut pengangguran sukarela (Payaman. J. Simanjuntak, 1985).

Mereka menganggur dengan sukarela karena mereka dapat memperoleh pekerjaan, tetapi tidak mau menerimanya karena mereka tidak berhasil memperoleh suatu pekerjaan yang sesuai dengan tingkat gaji yang diinginkan. Selain itu para pencari kerja yang menganggur sukarela, kemungkinan karena mereka memilih untuk menikmati hidup untuk bersenang-senang atau melakukan kegiatan lain daripada bekerja dengan tingkat upah yang berlaku di pasaran (Samuelson, 1997).

Sumber
  • Payaman Simanjuntak. 1985. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: LPFE UI
  • Samuelson, Paul A and William P Nordhaus. 1997 . Mikro Ekonomi . Jakarta:Erlangga