Apa yang dimaksud dengan pendapatan / penghasilan?

Apa yang dimaksud dengan pendapatan / penghasilan ?

Penghasilan adalah peluang konsumsi dan tabungan yang diperoleh suatu entitas dalam jangka waktu tertentu, yang umumnya dinyatakan dalam istilah moneter. Apa yang dimaksud dengan pendapatan / penghasilan ?

1 Like

Pendapatan merupakan suatu hasil yang diterima oleh seseorang atau rumah tangga dari berusaha atau bekerja. Jenis dari usaha masyarakat bermacam ragam, seperti bertani, nelayan, berternak, buruh serta berdagang dan juga bekerja pada sektor pemerintah dan swasta (Nazir, 2010).

Menurut Badan Pusat Statistik pendapatan rumah tangga adalah pendapatan yang diterima oleh rumah tangga bersangkutan baik yang berasal dari pendapatan kepala rumah tangga maupun pendapatan anggota-anggota rumah tangga. Pendapatan rumah tangga dapat berasal dari balas jasa faktor produksi tenaga kerja (upah, gaji, keuntungan, bonus, dan lain-lain) balas jasa kapital (bunga, bagi hasil, dan lain-lain) dan pendapatan yang berasal dari pemberian pihak lain (transfer). Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pendapatan adalah hasil yang diterima oleh tenaga kerja baik berupa uang maupun barang sebagai imbalan atas faktor produksi yang telah diberikan.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Pendapatan

Pada hakikatnya pendapatan yang diterima oleh seseorang maupun badan usaha tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti tingkat pendidikan dan pengalaman seseorang, semakin tinggi tingkat pendidikan dan pengalamannya maka semakin tinggi pula tingkat pendapatannya, kemudian tingkat pendapatan juga sangat dipengaruhi oleh modal kerja, jam kerja, pengalaman, jenis barang dagangan (produk) dan banyak faktor lainnya. Pada umumnya masyarakat selalu mencari tingkat pendapatan yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya, akan tetapi dibatasi oleh beberapa faktor tersebut (Nazir, 2010).

Referensi

Nafisah, Jauharotun. 2017. Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Pendapatan Tenaga Kerja Sektor Primer di Indonesia. Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.