Apa yang dimaksud dengan Penawaran Perseorangan?

Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per tahun).

Apa yang dimaksud dengan penawaran perseorangan?

Menurut Ahman (2009) menyatakan bahwa penawaran dibedakan menjadi dua yaitu penawaran perseorangan dan penawaran pasar. Penawaran perseorangan diartikan bahwa penawaran dari penjual perseorangan akan suatu barang yang terdapat di pasar. Sedangkan penawaran pasar adalah penawaran dari semua penjual yang ada dipasar terhadap suatu barang.

Kurva Penawaran

Menurut Haryati (2007), kurva penawaran adalah kurva yang menghubungkan titik-titik kombinasi antara harga dengan jumlah barang yang diproduksi atau ditawarkan. Kurva penawaran merupakan garis pembatas jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu. Pada tingkat harga yang ditentukan, penjual bersedia menawarkan lebih sedikit tetapi penjual tidak mau menawarkan lebih banyak. Penjual bersedia menerima harga yang lebih tinggi bagi suatu jumlah tertentu, tetapi penjual tidak bersedia menawarkan jumlah itu dengan harga yang lebih rendah. Konsep ini sering disebut dengan kesediaan minimum penjual menerima harga (willingness to accept).

Ciri-ciri kurva penawaran, yaitu :

  • Digambarkan dari kiri atas ke kanan bawah;
  • Berlereng negatif di akibatkan hubungan yang terbalik (negatif) antara P dan Q, Jika P naik maka Q turun Jika P turun maka Q
  • Bergerak ke atas dari kiri ke kanan; dan
  • Hubungan positif antara harga dan jumlah yang ditawarkan dalam hal ini apabila harga. meningkat, jumlah penawaran meningkat dan apabila harga turun, jumlah penawaran turun.

Pergerakan dan Pergeseran Kurva Penawaran

  1. Pergerakan Kurva Penawaran
    Pergerakan kurva penawaran merupakan pergerakan yang terjadi di sepanjang kurva penawaran yang diakibatkan oleh berubahnya jumlah produk yang ditawarkan produsen sebagai akibat dari perubahan harga produk tersebut. Pergerakan ini sejalan dengan Hukum Penawaran, yaitu ketika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah, sehingga titik pada kurva penawaran akan bergerak ke kanan.

kurva penawaran

  1. Pergeseran Kurva Penawaran
    kurva penawaran juga bisa mengalami pergeseran, baik ke kanan maupun ke kiri. Pergeseran ini terjadi karena berubahnya jumlah produk yang ditawarkan produsen sebagai akibat dari berbagai faktor kecuali faktor harga produk tersebut. Berbagai faktor yang dimaksud diantaranya adalah harga input, teknologi, harapan (ekspektasi), dan jumlah penjual.

kurva penawaran