Apa yang dimaksud dengan pemodelan data, abstraksi data, dan simulasi data?

Pemodelan data adalah metode yang digunakan untuk menentukan dan menganalisis persyaratan data yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis suatu organisasi.

Abstraksi adalah proses representasi data dan program dalam bentuk sama dengan pengertiannya (semantik), dengan menyembunyikan rincian / detail implementasi.

Simulasi adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya.

Apa yang dimaksud dengan pemodelan data, abstraksi data, dan simulasi data ?

Masalah :confused: merupakan sebuah keinginan yang tidak tercapai akan menimbulkan masalah, masalah dapat kita minimalisir persentasenya, tergantung seberapa bisa seseorang itu dalam menanggapi sebuah masalah, jika dilihat dari konsep pemikiran komputer untuk menyelesaikan sebuah permasalahan diperlukan upaya-upaya yang dapat mensupport itu terjadi, sehingga masalah nantinya tidak akan muncul. Lakukan

Pemodelan data yaitu proses mendokumentasikan perancangan sistem perangkat lunak yang kompleks sebagai diagram yang mudah dipahami, dengan menggunakan teks dan simbol untuk mewakili cara data perlu mengalir. Diagram dapat digunakan sebagai cetak biru untuk konstruksi perangkat lunak baru atau untuk merancang kembali aplikasi. Secara tradisional, model data dapat dianggap sebagai flowchart yang menggambarkan hubungan antar data. Meskipun menangkap semua kemungkinan hubungan dalam model data bisa sangat intensif, ini adalah langkah penting yang tidak boleh dilewati.
Pemodel data sering menggunakan beberapa model untuk melihat data yang sama dan memastikan bahwa semua proses, entitas, hubungan dan arus data telah diidentifikasi.

Ada beberapa pendekatan yang berbeda untuk pemodelan data, termasuk :

  1. Pemodelan Data Konseptual :office:
    Sebuah model pendekatan secara konsep sebelum dikonversi menjadi model data fisik yang telah berkaitan dengan tujuan basis data tertentu.

  2. Enterprise Data Modeling :classical_building:
    Mirip dengan pemodelan data konseptual, namun membahas persyaratan unik dari bisnis tertentu.

  3. Pemodelan Data Logis :convenience_store:
    Metode yang digunakan untuk menentukan dan menganalisis persyaratan data yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis suatu organisasi.

  4. Pemodelan Data Fisik :european_post_office:
    Mewakili aplikasi dan implementasi spesifik database dari model data logis.

Setelah melakukan pemodelan data selanjutnya abstraksi. Abstraksi merupakan proses menghilangkan atau menghapus karakteristik dari sesuatu untuk menguranginya menjadi seperangkat karakteristik penting. Dalam proses abstraksi, pemrogram mencoba untuk memastikan bahwa entitas diberi nama dengan cara yang masuk akal dan memiliki hampir semua aspek yang relevan. Jika perlu ubahlah menjadi sub-sub kecil, jangan melihat dari keseluruhannya tetapi lihatlah dari segi kecil terlebih dahulu.

Yang ketiga melakukan simulasi. Simulasi adalah tiruan dari pengoperasian proses atau sistem dunia nyata dari waktu ke waktu. Tindakan mensimulasikan sesuatu yang pertama mengharuskan model dikembangkan. Model ini mewakili karakteristik utama, perilaku dan fungsi sistem atau proses fisik ataupun abstrak yang dipilih. Model mewakili sistem itu sendiri, sedangkan simulasi merupakan operasi sistem dari waktu ke waktu. Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk optimasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan. Seringkali, eksperimen komputer digunakan untuk mempelajari model simulasi. Simulasi juga digunakan dengan pemodelan ilmiah sistem alam atau sistem manusia untuk mendapatkan wawasan tentang fungsi mereka.

Sumber :man_technologist: :



Data Modeling
data-modeling-for-big-data-25-638

Pemodelan data (data modeling) adalah proses analisis/mendefinisikan/mendokumentasikan perancangan objek data dan hubungannya dengan objek data lainnya dengan menggunakan diagram yang mudah untuk dipahami, seperti text dan simbol. Pemodelan data juga dianggap sebagai flowchart. Pemodelan data merupakan langkah awal dalam perancangan basis data dan pemrograman berorientasi objek karena para perancang terlebih dahulu membuat model konseptual tentang bagaimana data berhubungan satu sama lain. Pemodelan data melibatkan pengembangan dari model konseptual sampai ke model fisik.

  1. Pemodelan Data Konseptual - mengidentifikasi hubungan tingkat tertinggi antara entitas atau tingkatan yang berbeda.
  2. Pemodelan Data Privat - hampir sama dengan pemodelan data konseptual, namun membahas persyaratan unik dari bisnis tertentu.
  3. Pemodelan Data Logis - menggambarkan entitas, atribut, dan hubungan spesifik yang terlibat dalam fungsi bisnis. Berfungsi sebagai dasar pembuatan model data fisik.
  4. Pemodelan Data Fisik - mewakili aplikasi dan implementasi yang spesifik database dari model data logis.

Data Abstraction
Data-Abstraction-300x226

Abstraksi data adalah pengurangan data tubuh tertentu ke representasi dalam bentuk sederhana dari keseluruhan. Abstraksi data menuntut pemisahan yang jelas antara sifat abstrak tipe data dan rincian yang konkret implementasinya.

Abstraksi, secara umum, adalah proses menghilangkan atau menghapus karakteristik dari sesuatu untuk menguranginya dan merubahnya menjadi seperangkat karakteristik yang penting. Seperti dalam seni abstrak, representasi tersebut kemungkinan merupakan salah satu potensi abstraksi dari sejumlah kemungkinan. Lapisan abstraksi database (representasi sederhana dari database yang berbentuk deskripsi tertulis atau diagram), misalnya, adalah salah satu dari sejumlah kemungkinan seperti itu.
Abstraksi data biasanya merupakan langkah awal dalam perancangan basis data. Database adalah sistem yang terlalu kompleks untuk dikembangkan jika tanpa terlebih dahulu membuat kerangka kerja yang telah disederhanakan. Abstraksi data memungkinkan pengembang memulai dari elemen penting dan secara bertahap menambahkan detail data untuk membuat sistem akhir.

Simulations

Simulasi adalah tiruan dari pengoperasian proses atau sistem dunia nyata dari waktu ke waktu. Mensimulasikan sesuatu mengharuskan adanya model yang dikembangkan dalam bentuk prototipe/purwarupa yang mewakili karakteristik utama, perilaku, dan fungsi dari sistem tersebut.

Simulasi digunakan dalam banyak bidang, seperti simulasi teknologi untuk optimasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan video game. Simulasi juga digunakan dengan pemodelan ilmiah sistem pada alam atau sistem pada manusia untuk mendapatkan wawasan tentang fungsinya. Simulasi digunakan untuk menunjukkan efek nyata dari kondisi dan tindakan alternatif. Simulasi juga digunakan saat sistem yang sebenarnya tidak dapat dilibatkan, karena mungkin tidak dapat diakses, memiliki kemungkinan membahayakan, sedang dirancang namun belum dibangun, atau mungkin tidak ada. Macam-macam simulasi :

  1. Simulasi fisik mengacu pada simulasi di mana benda fisik disimulasikan. Objek fisik ini sering dipilih karena lebih kecil atau lebih murah daripada objek yang sebenarnya.

  2. Simulasi interaktif adalah simulasi fisik jenis khusus yang sering disebut simulasi yang operatornya adalah manusia, seperti simulator penerbangan.

  3. Simulasi Fidelity digunakan untuk menggambarkan keakuratan suatu simulasi dan seberapa dekat ia meniru pasangan kehidupan nyata. Fidelity secara umum diklasifikasikan sebagai :
    Rendah - simulasi minimum yang diperlukan sebuah sistem untuk merespons masukan dan keluaran
    Medium - merespon secara otomatis terhadap rangsangan, dengan akurasi terbatas
    Tinggi - hampir tidak dapat dibedakan atau sedekat mungkin dengan sistem sebenarnya

Referensi :



Pemodelan data adalah representasi dari struktur data dalam tabel untuk database perusahaan dan merupakan ekspresi sangat kuat dari kebutuhan bisnis perusahaan. Model data ini adalah panduan yang digunakan oleh analis fungsional dan teknis dalam perancangan dan implementasi suatu database.

Model data digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari model konseptual tingkat tinggi hingga model data fisik.

Abstraksi Data adalah proses mengenali dan memusatkan perhatian pada karakteristik penting dari suatu situasi atau objek dan membiarkan / menyaring karakteristik yang tidak diinginkan dari situasi atau objek tersebut. Mari mengambil seseorang sebagai contoh dan melihat bagaimana orang tersebut diabstraksikan dalam berbagai situasi.

Simulasi adalah tiruan dari pengoperasian proses atau sistem dunia nyata dari waktu ke waktu. Tindakan mensimulasikan sesuatu yang pertama mengharuskan model dikembangkan. Model ini mewakili karakteristik utama, perilaku dan fungsi sistem atau proses fisik atau abstrak yang dipilih. Model mewakili sistem itu sendiri, sedangkan simulasi merupakan operasi sistem dari waktu ke waktu.

Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk optimasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan permainan video. Seringkali, eksperimen komputer digunakan untuk mempelajari model simulasi. Simulasi juga digunakan dengan pemodelan ilmiah sistem alam atau sistem manusia untuk mendapatkan wawasan tentang f ungsi mereka, seperti dalam ekonomi. Simulasi dapat digunakan untuk menunjukkan efek nyata dari kondisi dan tindakan alternatif. Simulasi juga digunakan saat sistem sebenarnya tidak dapat dilibatkan, karena mungkin tidak dapat diakses, atau mungkin berbahaya atau tidak dapat diterima untuk dilibatkan, atau sedang dirancang namun belum dibangun, atau mungkin tidak ada.

Sumber :earth_asia: :