Apa yang dimaksud dengan pembangunan berwawasan kependudukan?

Apa yang dimaksud dengan pembangunan berwawasan kependudukan?

Apa yang dimaksud dengan pembangunan berwawasan kependudukan?

1 Like

Secara sederhana pembangunan berwawasan kependudukan mengandung dua makna sekaligus, yaitu :

  1. Pembangunan berwawasan kependudukan adalah pembangunan yang disesuaikan dengan potensi dan kondisi penduduk yang ada. Penduduk harus dijadikan titik sentral dalam proses pembangunan. Penduduk harus dijadikan subjek dan objek dalam pembangunan. Pembangunan adalah oleh penduduk dan untuk penduduk.
  2. Pembangunan berwawasan kependudukan adalah pembangunan sumberdaya manusia. Pembangunan lebih menekankan pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur semata-mata (Tjiptoherijanto, 2005).

Dalam konteks tersebut, terdapat beberapa alasan yang melandasi pemikiran bahwa penduduk merupakan isu yang sangat strategis dalam kerangka pembangunan suatu negara. Berbagai pertimbangan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Penduduk merupakan pusat dari seluruh kebijakan dan program pembangunan yang dilakukan. Dapat dikemukakan bahwa penduduk adalah subjek dan objek pembangunan. Oleh karena itu, pembangunan baru dapat dikatakan berhasil jika mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk dalam arti luas yaitu kualitas fisik maupun non fisik yang melekat pada diri penduduk itu sendiri.
  2. Keadaan penduduk yang ada sangat mempengaruhi dinamika pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Jumlah penduduk yang besar, jika diikuti dengan kualitas penduduk yang memadai, akan merupakan pendorong bagi pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, jumlah penduduk yang besar, jika diikuti dengan tingkat kualitas rendah, menjadikan penduduk tersebut hanya sebagai beban bagi pembangunan.
  3. Dampak perubahan dinamika kependudukan baru akan terasa dalam jangka yang panjang. Oleh karena itu, seringkali peranan penting penduduk dalam pembangunan terabaikan.
Referensi

Hardiani, Junaidi. 2009. Dasar-Dasar Teori Ekonomi Kependudukan. Jambi : Hamada Prima.