Apa yang dimaksud dengan Pelayanan antenatal atau Antenatal Care?

Pelayanan antenatal

Pelayanan antenatal adalah pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan terlatih untuk ibu selama masa kehamilannya, dilaksanakan sesusai dengan standar pelayanan antenatal yang ditetapkan dalam Standar Pelayanan Kebidanan (SPK)

Apa yang dimaksud dengan Pelayanan antenatal atau Antenatal Care ?

Pengawasan sebelum lahir (antenatal) terbukti mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kesehatan mental dan fisik kehamilan, untuk menghadapi persalinan. Dengan pengawasan hamil dapat diketahui berbagai komplikasi ibu yang dapat mempengaruhi kehamilan atau komplikasi hami sehingga segera diatasi. 35

Pelayanan antenatal adalah pelayanan kesehatan oleh tenaga profesional (dokter spesialis, dokter umum, bidan dan perawat) untuk ibu selama masa kehamilannya, sesuai dengan standar minimal pelayanan antenatal. Pelayanan antenatal sangat penting untuk mendeteksi dini komplikasi-komplikasi yang mungkin terjadi pada ibu hamil selama kehamilan.

Tujuan Pelayanan Antenatal Care

Menurut Wiknjosastro, tujuan pengawasan wanita hamil ialah menyiapkan ia sebaik-baiknya fisik dan mental, serta menyelamatkan ibu dan calon anak dalam kehamilan, persalinan dan masa nifas, sehingga keadaan postpartum sehat dan normal, tidak hanya fisik akan tetapi juga mental, ini berarti dalam antenatal care harus diusahakan agar :

  • Wanita hamil sampai akhir kehamilan sekurang-kurangnya harus sama sehatnya atau lebih sehat
  • Adanya kelainan fisik atau psikologi harus ditemukan sedini mungkin dan diobati
  • Wanita melahirkan tanpa kesulitan dan bayi yang dilahirkan sehat pula fisik dan mental

Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia tujuan pelayanan antenatal adalah :

  1. Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin

  2. Meningkatkan serta mempertahankan kesehatan fisik, mental, sosial ibu dan janin

  3. Mengenali secara dini adanya ketidak normalan atau komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil, termasuk riwayat penyakit secara umum, kebidanan dan pembedahan

  4. Mempersiapkan persalinan cukup bulan

  5. Mempersiapkan ibu agar masa nifas berjalan normal dan pemberian ASI eksklusif

  6. Mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi agar dapat tumbuh kembang secara normal

  7. Menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi

Pedoman Pelayan Antenatal Care

Menurut Clinical Practice Guidelines, Standar adalah keadaan ideal atau tingkat pencapaian tertinggi dan sempurna sebagai batas penerimaan minimal. Standar pelayanan kebidanan dapat digunakan untuk menentukan kompetensi yang diperlukan oleh bidan dalam menjalankan praktek sehari-hari.

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pemeriksaan antenatal dilakukan dengan standar pelayanan antenatal dimulai dengan :

  1. Ukur tinggi badan
  2. Timbang berat badan dan lingkar lengan atas (LILA)
  3. Ukur tekanan darah
  4. Ukur tinggi fundus uteri (TFU)
  5. Imunisasi tetanus toxoid (TT)
  6. Pemberian tablet besi (Fe)
  7. Tanya atau temu wicara

Menurut WHO terdapat enam standar dalam pelayahan asuhan antenatal. Standar tersebut merupakan bagian dari lingkup standar pelayanan kebidanan:

  • Standar 1 Identifikasi ibu hamil
    Bidan melakukan kunjungan rumah dan berinteraksi dengan masyarakat secara berkala untuk memberikan penyuluhan dan motivasi ibu, suami dan anggota keluarganya agar mendorong ibu untuk memeriksakan kehamilannya sejak dini secara teratur

  • Standar 2 Pemeriksaan dan Pemantauan Antenatal Care
    Bidan memberikan sedikitnya 4 kali pelayanan antenatal. Pemeriksaan meliputi anamnesis, perkembangan janin, mengenal kehamilan resiko tinggi, imunisasi, nasihat dan penyuluhan kesehatan.

  • Standar 3 Palpasi Abdominal
    Bidan melakukan palpasi untuk memperkirakan usia kehamilan, memeriksa posisi bayi, bagian terendah janin dan masuknya kepala janin ke dalam rongga panggul untuk mencari kelainan

  • Standar 4 Pengelolaan Anemi pada Kehamilan
    Bidan melakukan tindakan pencegahan, penemuan dan/atau rujukan semua kasus anemia pada kehamilan

  • Standar 5 Pengelolaan Dini Hipertensi pada Kehamilan
    Bidan menemukan secara dini setiap kenaikan tekanan darah pada kehamilan, mengenali tanda dan gejala preeklampsia, mengambil tindakan yang tepat dan merujuknya

  • Standar 6 Persiapan Persalinan
    Bidan memberikan saran yang tepat kepada ibu hamil, suami dan keluarganya pada trimester ketiga untuk memastikan bahwa persiapan persalinan bersih dan aman, serta suasananya yang menyenangkan.

Pelayanan antenatal disebut lengkap apabila dilakukan oleh tenaga kesehatan serta memenuhi standar tersebut