Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna?

Pasar

Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna?

Pasar persaingan sempurna merupakan suatu kondisi pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dengan komoditas yang bersifat homogen.

Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak serta produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).

Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan pembeli tidak dapat menawar harga produk yang ditawarkan oleh produsen A, produsen B, atau produsen C. Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna


Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut ini :

1. Perusahaan bukan pengambil harga.

Yang dimaksud tersebut adalah (price taker) yaitu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apapun tindakan perusahaan dalam pasar ia tidak akan menimbulkan perubahan atas harga yang berlaku di pasar karena harga barang ditentukan oleh interaksi di antara keseluruhan produsen dan keseluruhan konsumen.

2. Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk.

Prosuden dapat masuk keluar sesuka perusahaan tersebut tanpa ada hambatan yang diterima perusahaan tersebut dengan kata lain free entry.

3. Menghasilkan barang serupa.

Barang yang dihasilkan oleh satu produsen dengan yang lainnya hampir sama, bahkan sulit untuk dibedakan. Barang yang dihasilkan oleh satu produsen dengan produsen lainnya. Barang seperti itu dinamakan dengan istilah idential atau homogenous karena barang tersebut sangat serupa maka konsumen sulit untuk membedakan. Barang yang dihasilkan merupakan pengganti sempurna kepada barang yang dihasilkan oleh produsen-produsen yang lain. Akibatnya tidak ada gunanya menggunakan strategi bukan harga atau nonprice competition yaitu persaingan dengan menggunakan iklan atau promosi ini merupakan cara yang tidak efisien.

4. Terdapat banyak perusahaan di pasar.

Karena banyak terdapat perusahaan maka perusahaan tidak dapat menentukan harga atau mengubah harga di dalam pasar. Sifat ini mempunyai dua aspek yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah relatif kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan perusahaan yang ada didalam pasar. Akibatnya yaitu sangat sedikit jumlah produksi dalam industri tersebut.

5. Pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar.

Konsumen mengetahui pengetahuan yang sempurna mengenai pasar sempurna karena mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan atas harga tersebut. Akibatnya produsen tidak dapat menjual barang dagangannya kepada konsumen dengan harga tinggi.

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang diperdagangkan identik. Terbentuknya harga melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga price taker (Mankiw, 2006). Suatu perusahaan dalam pasar kompetitif akan mencoba untuk memaksimalkan keuntungannya, yaitu pendapatan total dikurangi biaya total.

Pada gambar di atas, bahwa pada pasar persaingan sempurna adalah keadaan di mana sebuah perusahaan tidak dapat mengendalikan harga, dengan pengertian bahwa perusahaan menghadapi kurva permintaan p yang horizontal di mana perusahaan boleh menjual produknya sebanyak yang disukai. Pada gambar kiri tingkat harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan penawaran. Gambar kanan jumlah output perusahaan relatif sangat kecil dibanding output pasar, maka berapa pun output yang dijual perusahaan, harga relatif tidak berubah.

Perusahaan untuk memaksimalkan labanya akan bergerak sepanjang kurva permintaan horizontal sampai memotong kurva biaya marjinal yang naik. Titik perpotongan itu MC sama dengan P, dan perusahaan bisa memaksimumkan labanya. Kurva penawaran industri diperoleh dengan menjumlahkan kurva biaya marjinal semua perusahaan secara horizontal (Samuelson dan Nordhaus, 1989).

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:

  • Perusahaan hanya bertindak sebagai pengambil harga (price taker)
  • Perusahaan mudah keluar masuk industri
  • Produk yang dihasilkan semua perusahaan bersifat homogen
  • Terdapat banyak perusahaan di pasar
  • Pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar

Setiap perusahaan hanya bertindak sebagai pengambil harga (price taker) bukan penentu harga (price maker). Harga ditetapkan berdasarkan interaksi kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand) pasar. Pengertian tersebut penting berkaitan dengan penjualan.

Pasar persaingan sempurna adalah dunia para price taker sebuah perusahaan yang bersaing sempurna menjual produk yang sifatnya homogen (produk yang identik dengan produk yang dijual oleh perusahaan perusahaan lain dalam industri. Produk itu sedemikian kecil dibandingkan pasarnya sehingga tidak dapat mempengaruhi harga pasar, produk itu hanya mengikuti harga yang berlaku (Samuelson, 2003).

Pasar persaingan sempurna adalah suatu industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, serta setiap penjual maupun pembeli tidak dapat memengaruhi keadaan di pasar (Sukirno, 2013).

Dalam pasar persaingan sempurna menurut Raharja dan Manurung (2006), pasar persaingan sempurna adalah jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya sehingga tidak mampu memengaruhi pasar beberapa karakteristik (syarat) agar sebuah pasar dapat dikatakan persaingan sempurna adalah sebagai berikut :

  1. Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
  2. Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna (perfect product)
  3. Output sebuah perusahaan relatif kecil dibandingkan output pasar (small relatively output)
  4. Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar (price taker)
  5. Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)

Untuk menggambarkan grafik keseimbangan perusahaan pada pasar persaingan sempurna yang menghasilkan laba maksimum/ keuntungan maksimum harus memperhatikan syarat-syarat berikut ini:

  1. Kurva AR = MR dan sejajar dengan sumbu OQ.

  2. Kurva AC (Average Cost) selalu berada di bawah kurva AR dan MR.

  3. Kurva MC (Marginal Cost) selalu memotong kurva AC minimum yang menunjukkan bahwa produksi pada saat itu terjadi efisiensi produksi.

    Grafik  Keseimbangan  Pasar  Persaingan  Sempurna  dengan Keuntungan Maksimal

Dari grafik pada Gambar diatas dapat diuraikan penjelasan sebagai berikut:

  1. Harga terbentuk pada saat kurva MC memotong kurva MR, yaitu setinggi OP1
  2. Besarnya penerimaan total (TR) = O P1 A Q1
  3. Besarnya biaya total (TC) = P2 B Q1
  4. Keuntungan maksimum sebesar = P1 P2 A B
  5. Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum (pada titik yang terendah).

Pasar persaingan sempurna merupakan salah satu pasar yang terdiri dari banyak pembeli dan penjual namun demikian pembeli dan penjual secara individual tidak dapat memengaruhi harga pasar karena harga yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan penjual dan pembeli secara bersama-sama.

Persaingan pasar sempurna adalah struktur pasar yang paling ideal karena sistem pasar ini adalah struktur pasar yag akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang dan jasa yang sangat tinggi efisiensinya.

Beberapa ciri dari pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah pembeli dan penjual relatif banyak
    Karena jumlah penjual dan pembeli sangat banyak maka masing-masing pembeli dan penjual secara individual atau perseorangan tidak akan mampu memengaruhi harga.

  2. Barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen
    Bersifat homogen berarti barang dan jasa yang diperjualbelikan memiliki ciri dan kualitas yang sama. Konsumen beranggapan bahwa antara barang dan jasa satu dengan yang lain tidak memiliki perbedaan.

  3. Pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar dengan sempurna
    Pembeli dan penjual sama-sama mengetahui keadaan, kualitas, dan harga barang maupun jasa yang akan ditransaksikan.

  4. Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
    Pasar persaingan sempurna memberikan kebebasan bagi penjual untuk berdagang dan pembeli untuk berbelanja. Dengan kata lain, siapapun bebas masuk pasar.

  5. Faktor-faktor produksi bebas bergerak
    Dalam pasar ini, faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, mesin, dan pengusaha dapat bebas bergerak ke manapun tanpa ada halangan.

  6. Tidak ada campur tangan pemerintah
    Pemerintah tidak ikut campur dalam menentukan harga atau memberikan fasilitas khusus bagi produsen tertentu. Dengan demikian, mekanisme yang terjadi dalam pasar ini benar-benar bebas dari campur tangan pemerintah