Apa yang dimaksud dengan Parralel Processing?

image

Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat programberjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek,seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.

image

Apa yang dimaksud dengan Parralel Processing?

Sumber

Parallel Processing adalah proses yang menjalankan lebih dari satu sistem yang diguankan untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Parallel Processing membuat program berjalan dengan cepat karena semakin banyak resource(dalam hal ini komputer) yang dapat dimanfaatkan.

Untuk melakukan berbagai komputasi maka diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan berkerja secara parallel untuk menyelesaikan satu masalah. Selain jaringan, diperlukan software pendukung yang biasa disebut middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar komponen paralel, kemudian end user harus membuat program paralel untuk merealisasikan komputasi.

Pemrograman Paralel sendiri adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah atau operasi secara bersamaann. Bila komputer yang digunakan secara bersamaan tersebut dilakukan oleh komputer komputer terpisah yang terhubung dalam satu jaringan komputer, biasanya disebut sebagai sistem terdistribusi. Sistem ini berjalan dengan bahasa pemrograman MPI(Message Passing Interface) atau PVM(Parrralel Virtual Machine).

Komputasi paralel berbeda dengan multitasking. Multitasiking addalah satu unit sistem yang terdiri dari satu modul pengolah data tunggal yang mampu menjalankan beberapa tugas secara bersamaan. Sedangkan komputasi paralel adalah penggunaan beberapa modul pengolah data menjadi sebuah sistem yang digunakan untuk mengeksekusi tugas bersama sama.

Menurut Flynn, ada empat macam model komputasi, diantaranya

  • SISD
    Merupakan singkatan dari Single Instruction Stream, Single Data Stream. Merupakan satu satunya model yang memakai arsitektur Von Neumann yang mana hanya mengaplikasikan satu prosesor saja, dan hanya untuk mengerjakan komputasi tunggal. Komputer yang mengaplikasikan SISD adalah UNIVAC, IBM 360, CDC 7600.
  • SIMD
    SIMD lebih banyak berada di pasaran karena penggunaan nya yang jelas, satu prosesor diminta untuk mengolah satu data. Data tersebut bervariasi namun berjalan pada instruksi yang sama. Kelemahan dari model komputasi ini adalah ketika ada kumpulan data yang tak dapat diolah dengan tipe komputasi yang sama.
  • MISD
    Merupakan singkatan dari Multiple Instruction Stream, Single Data Stream. MISD memakai banyak prosesor dengan instruksi yang berbeda untuk mengolah data yang sama. Dikarenakan strukturnya, belum ada komputer yang benar benar bisa menerapkan SIMD dengan baik.
  • MIMD
    Adalah akronim dali Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream. MIMD memakai banyak prosesor yang memeiliki instruksi yang berbeda beda dan mengolah data yang berbeda pula. Model ini juga bisa diaplikasikan sebagai model SIMD.
    Komputasi paralel tidak dapat berjalan tanpa adanya algoritma, bahasa pemrograman dan compiler.

refrensi
Roh Hanafi - Parrallel Processing

Pemrosesan Paralel adalah komputasi dua atau lebih tugas pada waktu bersamaan dengan tujuan untuk mempersingkat waktu penyelesaian tugas-tugas tersebut dengan cara mengoptimalkan resource pada sistem komputer yang ada untuk mencapai tujuan yang sama. Pemrosesan paralel dapat mempersingkat waktu ekseskusi suatu program dengan cara membagi suatu program menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang dapat dikerjakan pada masing-masing prosesor secara bersamaan. Tujuan utamanya untuk mencari tahu bagaimana caranya kita bisa mempersingkat waktu dalam mengerjakan sesuatu.

Jika kita bisa melakukannya, pasti akan banyak pekerjaan yang selesai dalam waktu yang singkat.Adapun proses kerja , pemrosesan paralel membagi beban kerja dan mendistribusikannya pada komputer-komputer lain yang terdapat dalam sistem untuk menyelesaikan suatu masalah. Sistem yang akan dibangun akan tidak akan menggunakan komputer yang didesikasikan secara khusus untuk keperluan pemrosesan paralel melainkan menggunakan komputer yang telah ada. Artinya, sistem ini nantinya akan terdiri dari sejumlah komputer dengan spesifikasi berbeda yang akan bekerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah. Adapun tipe-tipe Paralelisme adalah sebagai berikut :

  1. Result Paralelisme :
    tipe paralelisme dimana komputasinya dapat dibagi menjadi beberapa tugas independen yang mempunyai struktur sama. Data struktur suatu tugas dibagi menjadi beberapa bagian yang berstruktur sama.

  2. Specialist Paralelisme :
    Cara kerja Specialist Parallelisme adalah dengan mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan pada prosesor yang berbeda .

  3. Agenda Paralelisme :
    Tipe paralelisme ini mempunyai daftar yang harus dikerjakan oleh sistem komputer . Semua komputer yang terdapat pada sistem dapat mengakses daftar tersebut. Pada Model MW (Manager Worker) terdapat pengelompokan komputer menjadi dua yaitu :

    • Manager : bertugas memulai perhitungan, memonitor kemajuan tugas, melayani permintaan worker. User berkomunikasi dengan sistem komputer melalui komputer yang berfungsi sebagai manager ini.
    • Worker : mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh manager. Kerja komputer ini dimulai setelah ada perintah dari manager dan diakhiri oleh manager.