© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan pantomim ?

Pantomim

Pantomim adalah suatu pertunjukan menggunakan isyarat, dala bentuk mimik wajah atau gerak tubuh, sebagai bentuk dialognya.

Apa yang dimaksud dengan pantomim ?

Pantomime adalah salah satu jenis seni pertunjukan teater yang sudah banyak di tinggalkan oleh masyarakat saat ini, di anggap bahwa pantomime sebagai drama yang membosankan karena menggunakan isyarat dalam bentuk gerak tubuh, mimik wajah sebagai dialog. Pantomime yang sudah dikenal sejak jaman mesir ini semakin tidak diminati oleh penikmat drama dengan maraknya drama berseri di televisi. Fenomena ini sangat miris seperti kita ingat bumingnya film Charlie Chaplin jaman dulu, tak pelak menggelitik kita kenapa dijaman sekarang masyarakat lebih gemar menyaksikan tayangan-tayangan yang seronok dan mengumbar aurat dari pada menyaksikan tontonan kaya akan hiburan seperti pantomime. Karena kurangnya minat masyarakat dengan seni drama pantomime jarang kita saksikan tanyangan di televisi yang menyajikan film dengan aksen pantomime, malah sering kita jumpai pementasanpementasan pantomime di pementasan teater atau sineas-sineas muda yang membuat film tentang pantomime.

Pantonime merupakan seni yang bisu atau bahasa isyarat tanpa menggunakan bahasa verbal
ini selalu menceritakan fenomena apa saja dengan diiringi irama music ataupun tidak dan apapun jenis musiknya. Seni ini bisa ditafsirkan seperti apa saja, dan penonton bebas berimajinasi. Dengan gerak dan ekspresi wajah itulah pamtomime sering bertema dan bercerita dengan arti yang begitu banyak dari setiap geraknya, tidak ada penafsiran khusus, semua orang yang melihatnya bebas menafsirkan dan mengimajinaksikan dari gerak tubuh aktor pantomime tersebut. Seiring berjalannya jaman, agar seni pantomime ini dapat di gemari semua kalangan dari yang muda sampai yang tua dan masih dapat dinikmati masyarakat, pengemasan pementasan ataupun film dalam pantomime sekarang sering juga dibumbui dengan atraksi-atraksi yang lucu ataupun sulap tanpa mengurangi nilai-nilai seni pantomime itu sendiri.