Apa yang dimaksud dengan pakaian klederdracht?

image

Salah satu jenis pakaian yang berasal dari negara Belanda adalah klederdracht. Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan pakaian tersebut?

Pakaian klederdracht adalah pakaian tradisional dari negara Belanda yang memiliki ciri bentuk topi yang menengadah ke atas. Selain itu, sepatu kayu juga merupakan ciri lain dari pakaian tradisional Belanda. Penggunaan sepatu kayu dimulai pada abad ke-16 di mana para petani menggunakannya sebagai alas untuk mereka berpergian ke ladang yang penuh dengan lumpur. Sepatu kayu membantu mereka untuk terhindar dari benaman lumpur dan sangat mudah untuk dilepas setelahnya.

Penciptaan Klederdracht pada awalnya untuk membedakan masyarakatnya dari daerah dan kota yang berbeda. Kemudian gagasan ini berkembang hingga pakaian tradisional Belanda ini memiliki fungsi sebagai pembeda pekerjaan dan juga kepercayaan yang mereka anut. Sebagai contoh, di Bunschoten-Spakenburg terdapat sekilas perbedaan antara pakaian tradisional yang dikenakan petani dan nelayan. Hal ini dimaksudkan untuk membedakan pekerjaan yang masing-masing miliki. Lain halnya dengan masyarakat yang hidup di Zuid-Beveland, pakaian tradisional yang dikenakan memiliki perbedaan berdasarkan kepercayaan yang mereka anut, baik itu Protestan maupun Katolik.