Apa yang dimaksud dengan otot bergaris pada ikan ?

Otot lurik pada ikan

Otot lurik dinamakan demikian karena serabut ototnya meperlihatkan adanya garis-garis melintang dengan banyak inti yang tersebar pada bagian pinggir serabut. Apa yang dimaksud dengan otot bergaris pada ikan ?

Disebut otot bergaris karena serabutnya memperlihatkan garis-garis melintang dengan banyak inti tersebar pada bagian-bagian pinggirnya.Otot ini disebut juga ototrangka karena melekat pada rangka atau kulit, dan disebut voluntary karena kerjanya dipengaruhi oleh rangsangan otak. Bila dilihat secara keseluruhan, otot bergaris pada seluruh tubuh ikan terdiri dari kumpalan blok otot atau urat daging. Tiap-tiap blok otot dinamakan myotome (pada saat embryo disebut myomer ).

Pada urat daging yang menempel pada tubuh ikan sebelah kiridan kanan, dari belakang kepala sampai ke batang ekor myotome tersusun menurut pola tertentu yang biasa dibedakan menjadi dua tipe yaitu, Cyclostomine yang ditemukan padakelompok Agnatha dan Piscine yang ditemukan pada kelompok ikan Elasmobranchii dan Teleostei. Kumpulan otot ini, biasanya diberi nama sesuai dengan pergerakannya atau organ tempat otot itu melekat, seperti otot penegak sirip punggung,otot penarik sirip dada.

Pola kontruksi otot-otot parietal terdiri dari urutan myomere yang zig-zag diikat oleh myoseptum yaitu bagian jaringan ikat yang membatasi antara myomer berurutan. Myomer terbentang mulai dari tengkorak sampai ujung ekor yang berdaging. Setiap myomer terdiri dari bagian dorsal yang disebut epaksialdan bagian ventral disebut hypaksial. Keduanya dipisahkan oleh jaringan ikat yang disebut horizontal skeletogeneus septum. Di bagian permukaan selaput ini terdapat urat dagingyang menutupinya dinamakan Musculus lateralis superficialis yang banyak mengandunglemak dengan istilah lain disebut red muscle karena warnanya yang merah kehitaman.Umumnya serabut otot mengarah anteroposterior, tetapi beberapa serabut hypoksial darisetiap myomer tersusun serong ventromedial. Kontraksi dari kelompok myomer di satupihak akan disambut oleh kontraksi kelompok myomer di lain pihak, menyebabkan tubuhikan menjadi meliuk-liuk dalam gerakan berenang.

Pada umumnya kerja otot memiliki fungsi ganda, ada yang berfungsi sebagai synergis yang bekerja saling menyokong dengan yang lainnya, ada pula yang berfungsisebagai antagonis yang bekerja berlawanan, yaitu satu berkontraksi dan yang lainnya mengendur.

Sumber