Apa yang dimaksud dengan Ortodonsia atau Orthodontia?

Orthodontia

Orthodontia adalah ilmu meratakan gigi yang dipelajari oleh dokter gigi

Ortodonsia ( Orthodontia, Belanda., Orthodontic, Inggris) berasal dari bahasa Yunani (Greek) yaitu orthos dan dons yang berarti orthos (baik, betul) dan dons (gigi).

Ortodonsia dapat diterjemahkan sebagai ilmu pengetahuan yang bertujuan memperbaiki atau membetulkan letak gigi yang tidak teratur atau tidak rata.

Keadaan gigi yang tidak teratur disebabkan oleh malposisi gigi, yaitu kesalahan posisi gigi pada masing-masing rahang. Malposisi gigi akan menyebabkan malrelasi, yaitu kesalahan hubungan antara gigi-gigi pada rahang yang berbeda. Lebih lanjut lagi, keadaan demikian menimbulkan maloklusi, yaitu penyimpangan terhadap oklusi normal. Maloklusi dapat terjadi karena adanya kelainan gigi (dental), tulang rahang (skeletal), kombinasi gigi dan rahang (dentoskeletal) maupun karena kelainan otot-otot pengunyahan (muskuler).

Berikut definisi ortodonsia menurut beberapa ahli :

  1. Menurut Dr. E.H. Angle (1900), Ortodonsia adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan meratakan atau membetulkan kedudukan gigi-gigi.

  2. Menurut Noyes (1911), Ortodonsia adalah ilmu yang mempelajari hubungan gigi-gigi terhadap perkembangan muka dan memperbaiki akibat pertumbuhan yang tidak normal. Disini telah menyangkut ilmu anatomi dan biologi.

  3. Menurut The British Society of Orthodontics (1922), Ortodonsia adalah ilmu yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan rahang, muka dan tubuh pada umumnya yang dapat mempengaruhi kedudukan gigi. Juga mempelajari adanya aksi dan reaksi dari pengaruh luar maupun pengaruh dalam terhadap perkembangan, serta pencegahan dan perawatan terhadap perkembangan yang mengalami gangguan atau hambatan dan pengaruh jelek.

  4. Menurut American Association of Orthodontist, Ortodonsia adalah ilmu yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan gigi dan jaringan sekitarnya dari janin sampai dewasa dengan tujuan mencegah dan memper-baiki keadaan gigi yang letaknya tidak baik untuk mencapai hubungan fungsional serta anatomis yang normal.

Tujuan Utama Ortodonsia


Tujuan utama ortodonsia antara lain :

  1. Mencegah terjadinya keadaan abnormal dari bentuk muka yang disebabkan oleh kelainan rahang dan gigi.
    Adanya cacat muka yang disebabkan oleh kelainan rahang dan susunan gigi yang tidak teratur dapat menyebabkan bentuk muka yang kurang harmonis dan faktor estetis kurang. Dengan demikian dapat mengakibatkan pertumbuhan mental kurang sehat, seperti rasa rendah diri, rasa malu dan tidak bebas mengemukakan pendapat.

  2. Mempertinggi fungsi pengunyahan yang betul.
    Pengunyahan yang betul dan efisien dapat dicapai setinggi mungkin jika susunan gigi-gigi itu baik, stabil dan seimbang, begitu juga hubungan rahangnya. Pada gigi-gigi yang tidak teratur atau pada lengkung gigi yang sempit dapat mengakibatkan gerakan lidah tidak bebas sehingga terjadi penelanan yang salah, dan keadaan ini dapat menimbulkan kelainan yang lebih lanjut.

  3. Mempertinggi daya tahan gigi terhadap terjadinya karies.
    Gigi-gigi yang tidak teratur akan menyebabkan sisa-sisa makanan mudah melekat pada permukaan gigi dan self cleansing dari giginya menjadi tidak ada. Karena pengaruh Lactobacillus, karbohidrat dalam sisa makanan akan diubah menjadi asam laktat yang dapat melarutkan kalsium dari email dan dentin dan terjadilah karies gigi. Dengan membetulkan letak gigi menjadi teratur berarti akan mempertinggi daya tahan gigi terhadap karies.

  4. Menghindarkan perusakan gigi terhadap penyakit periodontal.
    Gigi yang posisinya tidak baik dan tidak teratur akan menyulitkan dalam menjaga kebersihannya. Dengan demikian selain dapat terjadi karies pada gigi-giginya, keadaan demikian juga dapat menimbulkan penyakit periodontal. Gigi yang tidak teratur juga dapat menyebabkan terjadinya oklusi traumatik, sehingga dapat memperparah penyakit periodontal yang terjadi.

  5. Mencegah perawatan ortodontik yang berat pada usia lebih lanjut. Pencegahan terhadap timbulnya maloklusi akan lebih efektif dan bermanfaat daripada perawatan terhadap maloklusi yang sudah terjadi.

  6. Mencegah dan menghilangkan cara pernafasan yang abnormal dari segi perkembangan gigi.
    Jika terdapat polip di dalam hidung atau adanya tonsil yang membesar maka orang akan bernafas lewat mulutnya, sehingga mulut selalu dalam keadaan terbuka. Dengan demikian otot-otot disekitar pipi (m. masseter, m. buccinator) menjadi hipertonus. Keadaan ini akan menyebabkan hambatan pertumbuhan rahang ke arah lateral, sehingga menyebabkan rahang atas menjadi sempit dan diikuti gigi-gigi depan protrusif atau merongos. Perawatan ortodontik pada gigi-gigi yang protrusif tadi harus disertai oleh pengambilan polip atau tonsil yang membesar tadi. Dengan demikian perawatan yang dilakukan akan memperbaiki pernafasan yang abnormal.

  7. Memperbaiki cara bicara yang salah.
    Orang yang mempunyai kebiasaan meletakkan lidah di antara kedua lengkung giginya akan menimbulkan gigitan terbuka. Keadaan ini akan menyebabkan gangguan dalam proses artikulasinya (proses pembentukan suara), sehingga akan mengakibatkan pengucapan kata atau cara bicara yang salah. Dengan merawat maloklusinya, maka akan memperbaiki cara bicaranya.

  8. Menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan kelainan yang lebih berat.
    Kebiasaan buruk seperti menggigit kuku, ibu jari, pensil atau lainnya, menghisap bibir, mendorong lidah pada gigi-gigi depannya, menekan dagu dan sebagainya dapat menimbulkan kalainan baru atau memperberat kelainan yang sudah ada. Dengan melakukan perawatan ortodontik, maka kebiasaan buruk dapat dihambat dan dihilangkan.

  9. Memperbaiki persendian temporomandibuler yang abnormal.
    Adanya infeksi pada persendian temporomandibuler sering mengakibatkan deviasi atau penyimpangan mandibula. Demikian pula kebiasaan mengunyah satu sisi dapat menimbulkan kelainan tersebut. Perawatan ortodontik yang tepat dapat memperbaiki kelainan persendian tadi.

  10. Menimbulkan rasa percaya diri yang besar.
    Dengan meningkatkan penampilan akibat perawatan ortodontik, seorang akan memiliki rasa percaya diri yang besar.

Perawatan Ortodontik


Menurut waktu dan tingkatan maloklusinya, perawatan ortodontik dibagi menjadi:

1. Ortodontik pencegahan (Preventive Orthodontics)

Ortodontik pencegahan merupakan segala tindakan yang menghindarkan segala pengaruh yang dapat merubah jalannya perkembangan yang normal agar tidak terjadi malposisi gigi dan hubungan rahang yang abnormal. Tindakan-tindakan yang diperlukan misalnya :

  • Pada waktu anak masih dalam kandungan, ibu harus mendapatkan makanan yang cukup nilai gizinya untuk kepentingan pertumbuhan janin. Ibu harus cukup mendapat kalsium, fosfor, fluor dan vitamin- vitamin A, C dan D untuk mencukupi kebutuhan janin akan zat-zat tersebut.

  • Setelah bayi lahir, nutrisi anak juga harus dijaga agar pertumbuhan dan perkembangan badannya normal, dan harus dijaga dari penyakit- penyakit yang dapat mengganggu jalannya pertumbuhan. Penyakit rhinitis, rakhitis, sifilis, TBC tulang atau avitaminosis dapat menimbulkan deformasi tulang termasuk gigi-gigi dan jaringan pendukungnya. Gangguan pada kelenjar endokrin misalnya glandula hipofise, glandula tyroida, dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan mengakibatkan adanya anomali pada gigi-giginya. Juga harus dijaga adanya luka pada saat kelahiran. Kerusakan yang terjadi pada rahang akibat pemakaian tang-tang obstetri dapat mengakibatkan anomali yang berat pada gigi-gigi.

  • Setelah anak mempunyai gigi, maka harus dijaga agar gigi ini tetap sehat sampai pada saatnya akan digantikan oleh gigi permanen. Kebersihan mulut harus dijaga, harus diajarkan cara-cara menggosok gigi yang benar, tiga kali sehari setiap selesai makan dan menjelang tidur. Secara teratur si anak diperiksakan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk melihat keadaan gigi-giginya. Jika terdapat karies harus segera ditambal. Dilakukan tindakan preventif agar gigi-giginya tidak mudah terserang karies, misalnya topikal aplikasi NaF, mouth rinsing dan plak kontrol. Fungsi pengunyahan harus dijaga agar tetap baik. Pada masa pergantian gigi harus dijaga agar gigi desidui tidak dicabut atau hilang terlalu awal (premature axtraction atau premature loss), ataupun terlambat dicabut sehingga gigi permanen penggantinya telah tumbuh (terjadi persistensi atau prolong retention gigi desidui). Jika gigi desidui harus dicabut jauh sebelum waktu tanggalnya, harus dibuatkan space maintainer untuk menjaga agar ruangan bekas gigi desidui tadi tidak menutup.

    Kebiasaan menghisap ibu jari (thumb sucking), menggigit bibir (lips biting), meletakkan lidah diantara gigi-giginya (tongue biting), mendorong lidah pada gigi-gigi depannya (tongue thrusting), cara berbicara yang salah, cara penelanan yang salah, adalah merupakan kebiasaan jelek yang apabila dilakukan dalam waktu yang cukup lama dan dilakukan pada masa pertumbuhan aktif, akan mengakibatkan timbulnya anomali pada gigi-giginya.

    Oleh karena itu tindakan menghilangkan kebiasaan jelek sedini mungkin merupakan suatu tindakan preventif terhadap timbulnya anomali. Anak yang mempunyai tonsil yang membesar akan mengalami gangguan dalam pernafasannya sehingga anak tersebut akan bernafas melalui mulutnya. Kebiasaan ini juga akan menimbulkan kelainan pada lengkung rahang dan giginya. Sikap tubuh yang salah, misalnya selalu membungkuk, miring kanan atau kiri, juga merupakan kebiasaan jelek yang dapat menimbulkan kelainan.

Seorang dokter gigi harus mengetahui seawal mungkin adanya penyimpangan dan faktor predisposisi suatu kelainan. Kalau perlu dokter gigi segera mengirimkan pasien ke ahli ortodonsi atau ahli lainnya untuk perawatan penyakit sistemik dengan kelainan dentofasial atau adanya celah pada rahang atau bibirnya yang membutuhkan perawatan lebih kompleks.

2. Ortodontik interseptif (Interceptive orthodontics).

Ortodontik interseptif merupakan tindakan atau perawatan ortodontik pada maloklusi yang mulai tampak dan sedang berkembang. Disini maloklusi sudah terjadi sehingga perlu diambil tindakan perawatan guna mencegah maloklusi yang ada tidak berkembang menjadi lebih parah.

Tindakan yang termasuk disini antara lain dengan menghilangkan penyebab maloklusi yang terjadi agar tidak berkembang dan dapat diarahkan agar menjadi normal. Contoh yang paling baik dari ortodontik interseptif ini adalah program terencana dari pencabutan beranting (serial extraction), yaitu pencabutan gigi kaninus desidui dan premolar yang dilakukan pada keadaan dimana gigi depan permanen tampak sedikit berjejal, sehingga dengan pencabutan pada waktu yang tepat dan terencana maka dapat memperbaiki gigi yang berjejal tadi.

Tindakan interseptif lainnya misalnya dengan memberikan space regainer untuk mendapatkan kembali ruang yang menyempit akibat pencabutan atau hilangnya gigi desidui yang terlalu awal. Juga tindakan pelebaran rahang atas secara cepat ( RME = Rapid Maxillary Expansion) pada rahang atas yang sangat sempit dimana sutura palatina masih renggang (belum terjadi interdigitasi sutura).

Perawatan pada otot (myotheraphy) misalnya pada musculus orbicularis oris yang hipotonus juga termasuk tindakan interseptif. Demikian juga pergeseran ke distal molar satu permanen baik atas maupun bawah untuk mengatasi panjang lengkung yang kurang.

Tindakan perawatan interseptif ini dilakukan pada periode gigi bercampur (mixed dentition).

3. Ortodontik korektif atau kuratif (Corrective atau curative orthodontics).

Ortodontik korektif merupakan tindakan perawatan pada maloklusi yang sudah nyata terjadi. Gigi-gigi yang malposisi digeser ke posisi normal, dengan kekuatan mekanis yang dihasilkan oleh alat ortodontik. Gigi dapat bergeser karena sifat adaptive response jaringan periodontal. Ortodontik kuratif atau korektif ini dilakukan pada periode gigi permanen.

Menurut periode perawatan ortodontik dibagi dalam 2 periode :

  1. Periode aktif, merupakan periode di mana dengan menggunakan tekanan mekanis suatu alat ortodontik dilakukan pengaturan gigi-gigi yang malposisi, atau dengan memanfaatkan tekanan fungsional otot-otot sekitar mulut dilakukan perawatan untuk mengoreksi hubungan rahang bawah terhadap rahang atas.

    Contoh : Alat aktif : plat aktif, plat ekspansi. Alat pasif : aktivator (suatu alat myofungsional).

  2. Periode pasif, yaitu periode perawatan setelah periode aktif selesai, dengan tujuan untuk mempertahankan kedudukan gigi-gigi yan telah dikoreksi agar tidak relaps (kembali seperti kedudukan semula), dengan menggunakan Hawley retainer.

Menurut cara pemakaian alat, perawataan ortodontik dibagi menjadi :

  1. Perawatan dengan alat lepasan (removable appliances), yaitu alat yang dapat dipasang dan dilepas oleh pasien sendiri, dengan maksud untuk mempermudah pembersihan alat. Alat ini mempunyai keterbatasan kemampuan untuk perawatan, sehingga hanya dipakai untuk kasus sederhana yang hanya melibatkan kelainan posisi giginya saja.

    Contoh : Plat aktif, plat ekspansi, aktivator, bite raiser dsb.

  2. Perawatan dengan alat cekat (fixed appliances), yaitu alat yang hanya dapat dipasang dan dilepas oleh dokter yang merawat saja. Alat cekat ini mempunyai kemampuan perawatan yang lebih kompleks.

    Contoh : Teknik Begg, Edgewise, Twin Wire Arch, Straightwire dsb.

Jenis-jenis Ortodonsia


Jenis-jenis ortodonsia dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, antara lain :

• Berdasarkan hubungan antara gigi-gigi rahang atas dan rahang bawah

1. Oklusi, yaitu hubungan antara gigi-gigi rahang atas dan rahang bawah di mana terdapat kontak sebesar-besarnya antara gigi-gigi tersebut.
Oklusi normal ialah hubungan yang harmonis antara gigi-gigi di rahang yang sama dan gigi-gigi di rahang yang berlainan di mana gigi-gigi dalam kontak yang sebesar-besarnya dan kondilus mandibularis terdapat dalam fossa glenoidea.

Oklusi normal merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan yang baik dari alat pengunyah dan meliputi hal yang kompleks, antara lain :

  • Kedudukan gigi rahang atas dan rahang bawah dalam posisi normal.
  • Fungsi yang normal dari jaringan dan otot-otot pengunyah.
  • Hubungan persendian yang normal.

2. Maloklusi, yaitu suatu penyimpangan gigi-gigi dari oklusi normal (Strang).
yaitu penyimpangan dari oklusi normal yang mengganggu fungsi yang sempurna dari gigi-gigi (Dewey).

Dr. EH Angle membagi hubungan antara gigi-gigi rahang atas dan rahang bawah menjadi 3 kelompok, yaitu : Klas I ,Klas II, dan Klas III. Lisher juga membagi menjadi 3 kelompok, yaitu : Netroklusi (= klas I Angle), Distoklusi (= klas II Angle), dan Mesioklusi (= klas III Angle).

  • Netroklusi (Klas I Angle), yaitu hubungan antara gigi-gigi rahang bawah terhadap gigi-gigi rahang atas di mana tonjol mesiobukal (mesiobuccal cusp) molar satu permanen atas berkontak dengan lekuk mesiobukal (mesiobuccal groove) molar satu permanen bawah.

    Netroklusi
    Gambar Netroklusi

  • Distoklusi (Klas II Angle) = post normal, yaitu hubungan antara gigi- gigi rahang bawah terhadap gigi-gigi rahang atas di mana lekuk mesiobukal molar satu permanen bawah berada lebih ke distal dari tonjol mesiobuka l molar satu permanen atas.

    Distoklusi
    Gambar Distoklusi

  • Mesioklusi (Klas III Angle) = pre normal, yaitu hubungan antara gigi- gigi rahang bawah terhadap gigi-gigi rahang atas di mana lekuk mesiobukal molar satu permanen bawah berada lebih ke mesial dari tonjol mesiobuka l molar satu permanen atas.

    Mesioklusi
    Gambar Mesioklusi

3. Jarak gigit (overjet), yaitu jarak horisontal antara tepi insisal insisivi atas ke tepi insisal insisivi bawah apabila rahang dalam hubungan sentrik (centric relation).

4. Tumpang gigit (overbite), yaitu jarak vertikal antara tepi insisal insisivi atas ke tepi insisal insisivi bawah apabila rahang dalam hubungan sentrik. Dalam keadaan normal, besarnya overbite ini sama dengan tertutupnya sepertiga arah insisal mahkota klinis gigi insisivi bawah oleh gigi insisivi atas, kurang lebih 2 – 3 mm (tergantung ukuran insisogingival mahkota klinis gigi insisivi bawah),

Jika jarak tersebut lebih besar dari normal (lebih dalam) disebut deep overbite (dob), excesive bite, dan jika tepi mesial insisvi bawah mengenai palatum disebut palatal bite.

image
Gambar oj: overjet (jarak gigit), ob: overbite (tumpang gigit)

5. Gigitan terbuka (open bite), yaitu keadaan di mana terdapat celah atau ruangan atau tidak ada kontak di antara gigi-gigi atas dengan gigi-gigi bawah apabila rahang dalam keadaan hubungan sentrik.

6. Gigitan silang (cross bite), yaitu keadaan di mana satu atau beberapa gigi atas terdapat di sebelah palatinal atau lingual gigi-gigi bawah. Dikenal beberapa macam cross bite :

  • Anterior cross bite, yaitu keadaan di mana gigi insisivi atas terdapat di sebelah lingual gigi insisivi bawah.

  • Posterior cross bite, macamnya :

    1. Buccal cross bite atau outer cross bite, yaitu keadaan di mana tonjol palatinal gigi posterior atas terdapat di sebelah bukal tonjol bukal gigi posterior bawah.

    2. Lingual cross bite, yaitu keadaan di mana tonjol bukal gigi posterior atas terdapat pada fossa sentral gigi posterior bawah.

    3. Complete lingual cross bite atau inner cross bite atau scissor bite, yaitu keadaan di mana tonjol bukal gigi posterior atas terdapat di sebelah lingual tonjol lingual gigi posterior bawah.

    image
    Gambar a. anterior cross bite. b. buccal cross bite/ outer cross bite. c. lingual cross bite. d. complete lingual cross bite / inner cross bite/ scissor cross bite

• Berdasarkan hubungan rahang terhadap dasar tulang kepala (basis cranii)

Untuk ini diperlukan pengertian tiga bidang yang digunakan sebagai pedoman, yaitu:

  • Bidang sagital, yaitu bidang vertikal yang melewati garis tengah (median line) rahang, tegak lurus terhadap bidang horisontal…

  • Bidang transversal, yaitu bidang vertikal yang melewati kedua titik infraorbital kanan dan kiri, tegak lurus terhadap bidang horisontal. Bidang ini disebut juga bidang orbital ( Simon )

  • Bidang horisontal Frankfurt (FHP = Frankfurt Horizontal Plane), yaitu bidang horisontal yang melewati titik Tragus dan titik infraorbital

• Berdasarkan kedudukan rahang terhadap ketiga bidang tersebut :

  • Terhadap bidang sagital :

    1. Kontraksi (contraction), yaitu kedudukan rahang yang lebih mendekati bidang sagital. Istilah kontraksi digunakan untuk mendiagnosis pertumbuhan rahang ke arah lateral yang kurang dari normal.

    2. Distraksi (distraction), yaitu kedudukan rahang yang menjauhi bidang sagital. Istilah distraksi digunakan untuk mendiagnosis pertumbuhan rahang ke arah lateral yang lebih dari normal.

  • Terhadap bidang transversal ( bidang orbital )

    1. Protraksi (protraction) atau protrusi (protrusion), yaitu kedudukan rahang yang menjauhi bidang transversal atau bidang orbital.

      • Protrusi rahang atas : Protrusi maksila

      • Protrusi rahang bawah : Protrusi mandibula = prognasi = progeni

      • Protrusi RA dan RB : Protrusi bimaksiler

    2. Retraksi (retraction) atau retrusi (retrusion), yaitu kedudukan rahang yang mendekati bidang transversal atau bidang orbital.
      Retraksi/ retrusi rahang bawah = retrognasi

  • Terhadap bidang horisontal (FHP)

    1. Atraksi (attraction), yaitu kedudukan rahang yang mendekati bidang horisontal

    2. Abstraksi (abstraction), yaitu kedudukan rahang yang menjauhi bidang horisontal.

• Berdasarkan penyimpangan posisi (malposisi) gigi individual.

Untuk mendiagnosis malposisi suatu gigi harus memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Hubungan gigi tersebut dengan gigi lainnya pada rahang yang sama.
  2. Hubungan gigi tersebut dengan gigi lainnya pada rahang yang berbeda.
  3. Posisi gigi tersebut terhadap gigi sejenis pada rahang yang sama.
  4. Posisi sumbu atau aksis gigi terhadap sumbu tulang alveolar.

Dengan memperhatikan keadaan-keadaan berikut, malposisi gigi dapat didiagnosis sebagai berikut :

  • Elongasi atau ekstrusi atau supraversi atau supraklusi, yaitu keadaan di mana gigi lebih tinggi dari garis oklusi.

  • Depresi atau intrusi atau infraversi atau infraklusi, yaitu keadaan di mana gigi lebih rendah atau tidak mencapai bidang oklusi.

  • Transversi, yaitu posisi gigi berpindah dari kedudukan normal. Macam- macam transversi :

    • Mesioversi : gigi lebih ke mesial dari normal.
    • Distoversi : gigi lebih ke distal dari normal.
    • Bukoversi : gigi lebih ke bukal dari normal.
    • Palatoversi : gigi lebih ke palatinal dari normal.
    • Linguoversi : gigi lebih ke lingual dari normal.
    • Labioversi : gigi lebih ke labial dari normal.
    • Transposisi : gigi berpindah posisi erupsinya di daerah gigi lainnya.

    Contoh : gigi kaninus erupsi di sebelah distal premolar pertama, dan gigi premolar pertama erupsi di sebelah distal insisivus lateral. Jadi posisi gigi kaninus dan premolar pertama bertukar tempat. Dengan demikian dikatakan bahwa gigi kaninus dan premolar pertama mengalami transposisi.

    • Aksiversi : gigi seakan berpindah, tapi ujung sumbunya pada akar tetap.
    • Torsiversi : gigi berputar terhadap sumbunya, tapi kedua ujung sumbu tidak berubah.

Untuk keadaan ini harus dilihat : sisi mana dan ke arah mana gigi tersebut berputar.
Contoh :

  • Mesiolabio torsiversi, artinya tepi atau sisi mesial berputar ke arah labial.
  • Distopalato torsiversi, artinya tepi atau sisi distal berputar ke arah palatinal.

Catatan : Aksiversi tidak sama dengan torsiversi.

Contoh :

  • Mesiolabioversi, artinya posisi gigi di sebelah mesiolabial (berada lebih mesial dan labial dari posisi normalnya)
  • Mesiolabio torsiversi, artinya posisi gigi pada tempatnya , tapi sisi mesial berputar ke arah labial

image
Gambar a) mesioversi, b) distoversi, c) bukoversi, d) palatoversi e) labioversi, f) transposisi, g) mesiolabio torsiversi h) distopalato torsiversi