Apa yang dimaksud dengan organisasi masa depan?

Organisasi masa depan mampu menciptakan pengetahuan-pengetahuan baru serta menyebarkan ke seluruh organisasi dan mewujudkannya dalam bentuk produk, layanan dan sistem (Nonaka & Takeuchi, 1995). Organisasi dapat memadukan struktur organik dan mekanistik yang lazim untuk mendorong perusahaan berinovasi.

Apa yang dimaksud dengan organisasi masa depan ?

Pengembangan didalam organisasi atau perusahaan perlu dilakukan, karena dapat meebantu perusahaan utuk lebih berkembang dan maju. Pengembangan organisasi tidak semuanya akan berdampak bagi organisasi karena kurang efektif dan berikut adalah ciri-ciri pengembangan yangefektif diantaranya, merupakan strategi terencana dan memiliki sasaran yang jelas, menekankan cara-cara baru yang diperlukan dapat proses mpiningkatan organisasi, merupakan kolaborasi dari berbagai pihak. Pengembangan organisasi dilakukan karena adanya beberapa faktor yang memepengaruhi yaitu, kompetisi yang semakin tajam antar organisasi, perkembangan IPTEK, perubahan lingkungan, struktur dalam organisasi, sistem dalam organisasi, perlengkapan dan fasilitas.

Mengelola masa depan sangat tergantung kemampuan kita mengelola lembaga kita secara lebih profesional. Aspek-aspek manajemen yang menjadi isu menarik untuk organisasi masa depan dalam pandangan Stoner (1996) terdapat 5 poin dan dalam mengelola organisasi masa depan, menurut Carol Kennedy (1999) terdapat 20 poin.

Organisasi masa depan menurut Stoner (1996) :

  1. Lingkungan penentu organisasi, meliputi: lingkungan alam, tanggung jawab sosial dan etika, globalisasi, mendirikan dan memperbaharui organisasi (organization change), budaya, multi budaya dan perubahan budaya, mutu.

  2. Perencanaan, meliputi pembuatan keputusan, perencanaan dan manajemen strategis, implementasi strategi.

  3. Pengorganisasian, meliputi desain organisasi dan struktur organisasi, kekuasaan dan distribusi wewenang, manajemen SDM, mengelola perubahan organisasi dan inovasi.

  4. Kepemimpimpinan, meliputi motivasi, kepemimpinan, tim dan kerja kelompok, komunikasi dan negoisasi.

  5. Pengendalian, meliputi pengendalian efektif, manajemen operasi, dan sistem informasi.

Manajemen adalah sebuah seni, tidak ada yang tepat betul. Karena kebenaran hakiki hanya milik Tuhan semata. Orang mencoba menggali dari pengalaman dan pengamatan pribadi untuk mengelola organisasi. Kennedy merumuskan komponen penting dalam mengelola organisasi, yaitu:

  1. Mengelola perubahan
  2. Keahlian mengelola organiasi,
  3. Mengelola perubahan,
  4. Mengelola manusia,
  5. Mengelola pengetahuan,
  6. Selalu motivasi,
  7. Kepemimpinan,
  8. Strategi dan pemikiran strategis,
  9. Membuat keputusan,
  10. Mengelola waktu
  11. Misi dan kebudayaan perusahaan
  12. Kinerja perusahaan,
  13. Melakukan pemasaran,
  14. Keunggulan kompetitif,
  15. Mengelola mutu,
  16. Mengurus pelanggan,
  17. Mengelola informasi,
  18. Manajemen Global,
  19. Re-engineering organisasi,
  20. Membaca masa depan.

Dua puluh komponen di atas hanyalah wacana akademis, anda harus mencoba mana yang paling cocok dengan organisasi anda. Kenalilah konsepnya dengan baik, cobalah terapkan, jika tidak sesuai modifikasilah atau anda melakukan evaluasi mendalam dan menemukan sesuatu yang baru untuk organisasi anda. Pengalaman kami, mengulang membuat proposal yang sama lebih dari 5 kali buka komputer, alias tidak sekali kerja jadi.

Sumber:
http://ikaprama.org/headline/sekilas-kajian-organisasi-masa-depan-peluang-tantangan/ http://trustco.co.id/mengelola-organisasi-masa-depan/
http://ot.id/tips-profesional/komunikasi-yang-efektif