Apa yang dimaksud dengan Optimisme Bias?

image

Optimisme adalah paham (keyakinan) atas segala sesuatu dari segi yang baik dan menyenangkan; sikap selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal.

Apa yang dimaksud dengan optimisme bias ?

Optimistic bias merupakan cara untuk melihat atau menangani informasi yang negatif dengan kuat sehingga kecenderungan kuat untuk mengharapkan hal-hal berubah baik secara keseluruhan (Baron et al., 2008).

Dari penelitian yang dilakukan oleh Oullette & Fernandez (dalam Baron, 2008) menunjukkan bahwa kebanyakan orang percaya bahwa mereka lebih mungkin untuk mengalami peristiwa positif dan lebih kecil kemungkinan untuk mengalami peristiwa negatif dibandingkan orang lain.

Demikian pula yang terjadi dalam diri kita sering meyakini atau menilai sesuatu yang baik dari pada memikirkan hal-hal buruk yang akan menjadi penghalang untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan.

Memprediksikan sesuatu yang sangat optimis tentang masa depan dan cenderung melihatnya sebagai masa keemasan, setidaknya dalam janji atau potensi yang kita miliki (Branscombe, 1994).

Keinginan seseorang untuk memperoleh hal-hal baik menjadikannya untuk membesar-besarkan nilai positif dan merendahkan kemungkinan buruk yang terjadi pada dirinya. Sehingga, unrealistic optimism ini membuat individu kurang peka terhadap kerentanan mereka untuk mengalami kejadian buruk. Maka bias optimis tampak terjadi pada orang-orang yang sedang menghadapi tugas atau situasi tertentu dan memproyeksikan kehidupan masa depan mereka.

image