Apa yang dimaksud dengan Operating System atau Sistem Operasi?

operating system2

Apa itu Operating System atau sistem operasi pada computer? Apakah kegunaannya dan pentingkah menjadi bagian pada computer?

Sumber gambar

medium.com. (2012, 15 Agustus). Operating system, its Functions and Characteristics. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://medium.com/computing-technology-with-it-fundamentals/operating-system-its-functions-and-characteristics-c0946e4215c6

Definisi Sistem Operasi

Sistem operasi atau biasa disingkat OS merupakan sebuah perangkat lunak sistem yang mengelola perangkat keras, perangkat lunak, dan menyediakan layanan umum untuk program computer. Setiap computer memerlukan sistem operasi agar bisa berjalan atau digunakan. Karena sistem operasi merupakan jembatan yang menghubungkan manusia dengan computer. Berarti kita tidak perlu mempelajari Bahasa computer cukup memerintahkan sistem operasi kemudian sistem operasi akan menjalankan atau memprogram computer itu sendiri untuk kita. Selain pada computer sistem operasi juga ada di smartphone atau gawai.

Menurut Abas Ali Pangera dan Dony Ariyus dalam buku Sistem Operasi (2010), sistem operasi adalah sistem yang terdiri atas berbagai komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah serta menjalankan perangkat yang dimilikinya, agar sesuai dengan yang diinginkan. Dalam hal ini, sistem operasi komputer berarti komponen dan metode kerja yang ada dalam komputer. Tujuannya untuk menghubungkan manusia dengan komputer atau perangkat lunak dengan perangkat keras.

Fungsi Sistem Operasi

Tugas utama dari sistem operasi adalah mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras di computer. Sebagai contohnya, terkadang ada beberapa program computer yang berbeda berjalan diwaktu yang sama, dan semua program computer tersebut memerlukan akses ke central processing unit atau CPU, memori, dan penyimpanan computer. Hal tersebut dikoordinir oleh sistem operasi agar memastikan setiap program mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Selain fungsi sistem operasi seperti diatas ada beberapa fungsi yang spesifik dikerjakan oleh sistem operasi. Dikutip dari Western Governors University, berikut ini adalah fungsi sistem operasi :

  1. Memuat, mengeksekusi, dan menjalankan sebuah program.
  2. Menjaga keamanan data dari serangan siber. Sistem operasi yang baik memiliki fitur untuk menjaga data dan program tetap aman.
  3. Mengatur disk atau media penyimpanan. Hal ini termasuk mengelola seluruh drive yang terpasang di computer, seperti hard drive, optical disk drive, dan flash drive.
  4. Mengatur proses yang berjalan. Sistem operasi dirancang untuk mengalokasikan sumber daya dan mengatur berbagai proses komputer. Misalnya, membagikan informasi, melindungi proses komputer, dan sinkronisasi proses komputer.
  5. Mengontrol perangkat. Sistem operasi akan membuka atau memblokir akses perangkat, seperti CD/DVD dan USB. Jika perangkat terdeteksi memiliki masalah seperti virus, sistem operasi akan memblokir perangkat dan memberikan notifikasi masalah tersebut.
  6. Mengontrol proses pencetakan. Sistem operasi akan mengontrol printer yang terhubung ke komputer dan mengatur materi apa saja yang harus dicetak.
  7. Menampilkan antarmuka atau yang biasa disebut user interface (UI). User interface adalah bagian dari sitem operasi yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan menerima informasi. Lalu, termasuk pula dengan menu, jendela, dan metode interaksi antara pengguna yang digunakan.

Contoh Sistem Operasi

Sebelum computer dibeli sistem operasi sudah dimuatkan didalamnya. Tetapi kita masih dapat mengubah sistem operasi yang diinginkan atau meningkatkannya. Jenis-jenis sistem operasi ada banyak, ada yang khusus untuk computer dan ada yang untuk smartphone. Dan juga ada beberapa sistem operasi yang popular digunakan. Berikut ini adalah beberapa contoh sistem operasi yang ada :

  1. MS DOS (Disk Operating System)
    MS DOS merupakan sistem operasi komputer yang paling lama. Tampilannya berbeda dengan sistem operasi komputer saat ini, karena pemberian instruksinya dilakukan lewat tulisan. Kelebihan utama dari MS DOS ialah tidak banyak menghabiskan memori komputer. Namun, kelemahannya ialah instruksi diberikan lewat tulisan dan tidak ada grafisnya sama sekali.

ms dos

  1. Microsoft Windows
    Windows Operating system telah ada sejak 1980-an, kemudian memiliki beberapa versi dan pembaruan. Microsoft Windows adalah salah satu jenis sistem operasi yang populer dan dimuat di sebagian besar komputer dan laptop jenis terbaru. Setiap pembaruan Microsoft terus berupaya untuk meningkatkan user interface, software, dan membuat Windows lebih mudah diakses dan digunakan.

    Microsoft Windows berisi panel kontrol, asisten desktop dan desktop, pembersihan disk, penampil acara, dan banyak lainnya. Banyak pengguna yang lebih memilih Microsoft Windows, karena merasa kompatibel dengan jenis perangkat lunak lainnya. Kelebihan utama dari sistem operasi Windows ialah cara menjalankan dan instalasinya mudah. Sedangkan kelemahan utamanya ialah rentan terkena virus.

  2. Apple macOS
    Pesaing operating system Microsoft adalah macOS Apple atau sering juga disebut Machintosh. Kedua OS ini merupakan contoh operating system berpemilik. Artinya, perusahaan membuat konsep, merancang, mengembangkan, dan menjual OS mereka sendiri. Produk macOS juga dikenal oleh penggunanya karena kemudahan penggunaan. Lalu, terus meningkatkan pengalaman penggunanya.

    Kecepatan pemrosesan yang cepat, interface desktop yang sederhana, dan berbagai sumber daya yang bermanfaat membuat pengguna macOS betah dengan operating system ini. Sistem operasi ini hanya disediakan untuk komputer Apple. Kelebihan utama dari sistem operasi MacOS ialah tidak mudah terkena virus. Sedangkan kelemahan utamanya ialah menjalankan sistem operasinya agak lebih susah dibanding Windows dan Linux.

  3. Linux
    Linux operating system berbeda dari Windows dan Apple, karena bukan perangkat lunak berpemilik. Artinya, operating system ini merupakan sistem terbuka dan siapa saja bisa memodifikasi dan mendistribusikannya. Dikarenakan sistem operasinya open source, maka bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis Linux, termasuk Ubuntu, Debian, Red Hat, dan Slackware.

    Kelebihan utama dari sistem operasi Linux ialah bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, tetapi hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang paham teknologi. Untuk kelemahan utamanya ialah cara instalasinya lebih susah dibanding Windows.

linux

  1. Apple iOS
    Apple iOS merupakan sistem operasi seluler yang digunakan secara eksklusif untuk iPhone. Operating system iOS memiliki pembaruan rutin, perluasan baru ke perangkat lunak, dan menawarkan fitur baru bagi penggunanya. Sistem operasi ini juga memungkinkan perangkat Apple lain untuk terhubung dan memberikan pengguna koneksi yang mudah ke perangkat atau orang lain.

ios

  1. Android
    Android OS adalah OS utama untuk perangkat seluler Google seperti, smartphone dan tablet. Android telah mendapatkan popularitas tinggi sejak dirilis sebagai alternatif iOS Apple untuk pengguna smartphone. Kini Android operating system semakin dikenal dengan pembaruan dan fitur menariknya.
Referensi

en.wikipedia.org. (2001, 15 Januari). Operating system. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://en.wikipedia.org/wiki/Operating_system

kompas.com. (1995, 14 September). Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/15/144350269/sistem-operasi-komputer-pengertian-fungsi-jenis-cara-kerja-dan-contohnya?page=all

kumparan.com. (2017, Januari). Operating System: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://kumparan.com/how-to-tekno/operating-system-definisi-fungsi-dan-jenisnya-1vx7JnWiDbf/full

edu.gcfglobal.org. (2001). Understanding Operating Systems. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://edu.gcfglobal.org/en/computerbasics/understanding-operating-systems/1/

Sumber gambar

britannica.com. (1988). MS-DOS. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://www.britannica.com/technology/MS-DOS

lifehacker.com. (2005, 31 Januari). How to Get Started with the Linux Operating System. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://lifehacker.com/how-to-get-started-with-the-linux-operating-system-1819644874

cnet.com. (1994, 5 Maret). iOS 14 unveiled: A first glimpse at Appleā€™s upcoming iPhone software. Diakses pada 31 Juli 2021, dari https://www.cnet.com/tech/mobile/ios-14-unveiled-at-wwdc-2020-first-glimpse-upcoming-apple-iphone-software-features/

Definisi umum dari sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak sistem yang mampu mengelola sumber daya ( resources ) dari software dan hardware agar dapat berjalan dengan baik serta memudahkan proses interaksi dengan pengguna atau user ( brainware ).