Apa yang dimaksud dengan obat anti inflamasi steroid?

Obat anti inflamasi steroid

Obat anti inflamasi steroid merupakan golongan obat anti inflamasi yang kuat sehingga penggunaannya harus benar-benar mengikuti arahan dokter. Obat ini biasanya mempunyai beberapa efek samping.

Obat anti-inflamasi golongan steroid bekerja dengan cara menghambat pelepasan prostaglandin dari sel-sel sumbernya dan contoh dari golongan ini adalah kortison, hidrokortison, prednisone, prednisolon, dan dexametason.

Mekanisme kerja : sebagian besar efek glukokortikoid yang diketahui terjadi melalui reseptor glukokortikoid yang tersebar luas.

Efek antiinflamasi : secara dramatis, glukokortikoid dapat mengurangi manifestasi inflamasi. Hal tersebut disebabkan oleh efeknya yang besar terhadap konsentrasi, distribusi, dan fungsi leukosit perifer; dan juga disebabkan oleh efek supresifnya terhadap sitokin dan kemokin inflamasi dan serta mediator inflamasi lipid dan glukolipid lainnya.

Inflamasi, tanpa memperhatikan penyebabnya, ditandai dengan ekstravasasi dan infiltrasi leukosit ke dalam jaringan yang mengalami inflamasi. Peristiwa tersebut diperantarai oleh serangkaian interaksi yang kompleks dengan molekul adhesi sel, khususnya yang berada pada sel endotel, dan dihambat oleh glukokortikoid.