Apa yang dimaksud dengan nilai barang?

Barang yang memiliki manfaat bagi manusia dikatakan bahwa barang itu memiliki nilai bagi manusia. Dengan kata lain, barang-barang yang memiliki nilai berarti barang itu mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Apa yang dimaksud dengan nilai barang?

Nilai (value) bukan sesuatu yang riil, nilai sangat abstrak, nilai berasal dari persepsi konsumen mengenai berapa jumlah sebenarnya yang wajar jika dihargai dengan uang mengenai suatu produk yang dilihat dari mutunya. Nilai atau “value” dalam ekonomi diartikan sebagai “arti barang secara ekonomis”, diantaranya: nilai pakai atau nilai tukar.

Nilai Barang merupakan harga yang tercipta dari manfaat/ kegunaan barang tersebut.

Nilai barang yang dipersepsikan oleh pelanggan akan menjadi pengalaman dalam sepanjang hidupnya, setiap pelanggan akan mempersepsikan nilai dengan dirinya sendiri. Nilai Barang merupakan senjata paling efektif dalam merebut target pasar. Value dibangun berdasarkan tiga unsur, yaitu:

  • Product quality adalah ukuran persepsi konsumen terhadap keunggulan kinerja (performance), keandalan (reliability), kesesuaian (comformance), dan keistemewaan (features) dari sebuah produk.

  • Brand value adalah ukuran persepsi konsumen terhadap tingkat pretise (prestige), dialog emosional dan spiritual, serta jaminan kualitas yang dinyatakan oleh produk sehingga memungkinkan perusahaan menghindari jebakankomoditas.

  • Service quality adalah ukuran persepsi konsumen terhadap kemampuan perusahaan dalam menyampaikan produk jasa kepada konsumen dengan ramah (friendliness), kesediaan membantu, ketanggapan dan ketepatan waktu yang melebihi kebutuhan,keinginan dan harapan pelanggan.

Nilai barang mencerminkan sejumlah manfaat baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, dan biaya yang dipersepsikan oleh pelanggan. Nilai adalah kombinasi kualitas, pelayanan dan harga yang disebut juga tiga elemen pelanggan.

Menurut Smith, barang mempunyai dua nilai. Pertama, nilai guna (value in use); kedua, nilai tukar (value in exchange). Nilai tukar atau harga suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga (labor) yang diperlukan untuk menghasilkan barang tersebut. Contohnya, air dan intan.