Apa yang dimaksud dengan Network Interface Card?

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Dalam hal ini, jaringan komputer memerlukan banyak komponen untuk menghubungkan antara jaringan yang lain.

Apakah yang dimaksud dengan Network Interface Card (NIC) dan apa peranannya dalam suatu jaringan komputer?

Network Interface Card atau Kartu Jaringan adalah sebuah perangkat keras jaringan yang berbentuk seperti kartu ekspansi yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan. NIC juga memiliki beberapa istilah lain seperti Network Card, LAN Card atau Ethernet Card. Tugas utama dari sebuah NIC adalah mengubah aliran data berbentuk parallel di dalam bus sebauh komputer menjadi aliran data yang berbentuk serial, sehingga nantinya aliran data yang berbentuk serial tersebut bisa saling di transmisikan di dalam media jaringan komputer.

Network Interface Card terbagi menjadi dua jenis:

  1. Network Inteface Fisik / Physica
    Network Interface yang dapat didefinisikan secara fisik, berbentuk kartu dan ditancapkan pada slot di dalam motherboard.

  2. Network Interface Logis / Logical
    Network Interface yang tidak dapat didefinisikan secara fisik. sehingga NIC Logis merupakan sebuah software atau sebuah program yang dibuat untuk mendefinisikan dirinya seolah – olah menjadi sebuah Network Interface Card.

Fungsi Dari NIC :

  1. Media pengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya
  2. Pengontrol data flow antar komputer yang menggunakan sistem kabel jaringan
  3. Menerima data dari komputer lain
  4. Menterjemahkan data menjadi bentuk bit sehingga dapat dimengerti oleh komputer penerima

Sumber:


https://dosenit.com/jaringan-komputer/hardware-jaringan/pengertian-nic

image

Network Interface Card (NIC) adalah komponen perangkat keras kopmuter yang memungkinkan komputer untuk terhubung dengan jaringan. Network Interface Card (NIC) dapat dapat digunakan dengan kabel(ethernet) atau dengan wireless(WiFi).

Network yang berarti jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan satu atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu sistem.
Interface yang berarti menghubungkan 2 hal bersamaan seperti halnya disaat Anda melakukan pembicaraan dengan salah satu teman, karena ini terjadi dalam 2 fase.
Card yang berarti sebuah chip elektronik yang dapat dimasukkan ke dalam komponen komputer dan juga dapat dikeluarkan dari komponen komputer

Network Interface Card (NIC) juga disebut dengan Network Interface Controller, Network Adapter, atau Local Area Network (LAN).

Terdapat Kelebihan dan kekurangan menggunakan Network Interface Card:

  1. Tidak Mahal
    Salah satu keunggulan Network Interface Card (NIC) yaitu murah. Membuat meningkatkan performa komputer tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Sebagai tambahan, kebanyakan komputer modern sudah terpasang kartu jaringan, membuat hal ini menjadi lebih mudah untuk menghubungkan beberapa komputer ke dalam jaringan.

  2. Pemecahan Masalah yang Mudah
    Network Interface Card (NIC) memudahkan pemilik komputer dan personal IT untuk memecahkan masalah. Hal ini dikarenakan kebanyakan kartu jaringan mempunyai indikator lampu yang sudah terpasang di dalamnya. Indikator ini memudahkan untuk melihat apakah kartunya sudah bekerja dengan baik. Jika terdapat lampu warna hijau di kartunya maka menandakan komunikasi kartu jaringan baik. Jika terdapat lampu warna merah maka menandakan terdapat masalah komunikasi

  3. Network Interface Card (NIC) Harus Dikonfigurasi dengan Tepat
    Network Interface Card (NIC) perlu dikonfigurasikan agar bekerja dengan baik dalam jaringan. Agar bekerja dengan baik, Network Interface Card (NIC) harus mampu menyamakan kecepatan seperti mengalihkan jaringan yang terhubung dengannya. Hal itu berarti jaringan pengalih bekerja pada 100Mb akan memerlukan kartu jaringan di komputer yang bisa bekerja dalam kecepatan yang sama. Untuk bisa menrubahnya, teknisi komputer akan membutuhkan penyesuaian pengaturan di setiap kartunya dengan kecepatan yang tepat.

  4. Membutuhkan Kabel Penghubung
    Standar pada Network Interface Card (NIC) bahwa kenyataannya mereka membutuhkan kabel penghubung. Agar bekerja dengan baik, komputer harus berada di satu tempat. Jika Anda menggunakan adaptor nirkabel, Anda bisa memindahkan desktop atau laptop ke tempat yang berbeda di dalam bangunan, asalkan komputer tetap berada dalam jangkauan router nirkabel.

Sumber:


https://www.techwalla.com/articles/advantages-disadvantages-of-a-network-interface-card

NIC, merupakan kependekan dari Network Interface Card, yang mempunyai nama lain Ethernet card dan network adapter, merupakan kartu ekspansi yang memungkinkan komputer untuk terhubung ke jaringan, seperti jaringan rumah ataupun internet menggunakan kabel ethernet. Karena popularitas dan ongkos yang murah untuk membuat Ethernet standar, komputer terbaru sekarang sudah mempunyai NIC yang terintegrasi langsung dengan motherboard. NIC pun tidak hanya menggunakan kabel Ethernet, namun juga ada yang menggunakan koneksi wireless (seperti WiFi).