Apa yang dimaksud dengan Neo Plastisisme dalam seni rupa?

Neo Plastisisme merupakan salah satu cabang dari aliran seni lukis abstraksionisme. Apa yang dimaksud dengan Neo Plastisisme tersebut?

Neo Plastitisme

Neo Plastisisme (De Stijil), merupakan corak seni abstrak yang menampilkan keuniversalan ilmu pasti. Aliran ini berusaha mengembalikan pewarna kepada warna pokok dan bentuk yang siku-siku.

Tokoh dalam aliran ini antara lain:

  1. Piet Mondarian
  2. Theo Van Daesburg
  3. Bart Van Leck

Neo-Plastisisme adalah sebuah gaya dalam De Stijl yang menekankan kelenturan bidang dengan cara memanfaatkan garis vertikal-horizontal dan warna (biru-merah-kuning dan hitam-putih). Mondrian mulai menggunakan istilah ini tahun 1920. Salah satu karya terkenalnya adalah Compasition with Red, Yellow, Blue and Black Composition (1921). Berdasarkan lukisan-lukisan Mondrian ini, seorang arsitek belanda yang diilhami oleh gaya lukisan Mondrian adalah Gerrit Rietveld. Rietveld merancang sebuah rumah beserta interior dan kursinya yang memiliki bentuk dan warna berdasarkan lukisan Mondrian. Rumah tersebut milik Schroeder yang kemudian rumah tersebut dinamai ”Schroeder House” dan kursi rancangannya dinamakan ”Red/ Blue Chair”