Apa yang dimaksud dengan Mutualy exclusive project ?

Mutually Exclusive Projects adalah proyek-proyek yang mempunyai fungsi yang sama. Diterimanya salah satu proyek atau kelompok proyek yang mutually exclusive akan menghilangkan kesempatan kelompok mutually exclusive yang lain.

Apa yang dimaksud dengan Mutualy exclusive project ?

Mutualy exclusive project adalah proyek yang jika dipilih akan menyebabkan ditolaknya alternative foyek yang lain. Sebagai contoh adalah, Apabila perusahaan akan mengganti sistim proses dari manual ke automatic, jika ada 2 alternatif pilihan maka jika salah satu dipilih yang lainnya harus ditolak karena tidak mungkin kedua-duanya akan dipilih.

Masalah ini bisa terjadi apabila suatu pabrik ingin mengembangkan produk yang lebih banyak lagi macamnya ataupun meningkatkan kulaitas produknya dengan harus mengganti sistim proses yang ada, misalnya dari manual ke sistim automatik. Keputusan ini perlu diambil dengan memperhatikan perubahan penggunaan buruh yang akan menyebabkan pemutusan hubungan kerha (PHK), dan oenggunaan modal tambahan yang akan berakibat pada waktu serta laju pengambilan modal.