Apa yang dimaksud dengan musik R&B?

Sejarah-Musik-RB

Musik R&B adalah salah satu genre musik yang tak kalah banyak diminati oleh pecinta musik, apa yang dimaksud dengan musik R&B?

R&B (ditulis juga RnB, merupakan singkatan dari Rhythm and Blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, aliran jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard. Istilah ini RnB menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Tahun 1948, RCA Victor memasarkan musik kulit hitam dengan nama Blues and Rhythm. Frasa tersebut dibalik oleh Wexler di Atlantic Records, yang menjadi perusahaan rekaman yang memimpin bidang R&B pada tahun-tahun awal. Dan sekarang aliran jenis RnB ini paling digemari diseluruh dunia

R&B berasal dari kata Rhythm and Blues, adalah sebuah jenis musik populer yang berasal dari Amerika Serikat. Musik Rhythm & Blues ini mulai terdengar sejak tahun 1939 setelah Perang Dunia ke-2. R&B kental sekali dengan komunitas Afrika-Amerika, karena awalnya istilah “Rhythm & Blues” digunakan oleh para perusahaan rekaman untuk mendeskripsikan rekaman musik populer yang ditujukan bagi komunitas black american , seperti yang dilakukan majalah Billboard pada tahun 1949.

Istilah Rhythm & Blues berulang kali mendapat perubahan arti, pada awal tahun 1950an, istilah rhythm and blues sering digunakan untuk rekaman lagu-lagu berjenis blues. Sejak pertengahan tahun 1950an, setelah musik blues mulai berkontribusi dalam perkembangan musik rock n roll, istilah Rhythm & Blues digunakan untuk mendeskripsikan musik electrik blues, gospel, dan soul. Pada tahun 1970an, istilah rhythm and blues digunakan untuk mendeskripsikan musik soul dan funk. Pada tahun 1980an, jenis musik R&B yang baru telah berkembang, dan dinamakan dengan Contemporary Rhythm & Blues (kini lebih dikenal dengan sebutan R&B).