Apa yang dimaksud dengan musik Lo-Fi?

Sumber Gambar

https://withweddings.com/2019/05/31/songs-for-your-wedding-playlist/

Singkatan dari Low Fidelity. Lo-Fi bukan genre (pada awalnya), itu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cara lagu atau album direkam. Lagu-lagu / album ini memiliki suara berkualitas rendah, termasuk retakan lunak dan suara mentah. Jenis musik ini dapat ditemukan di streaming langsung youtube, yang memiliki artis alternatif yang merangkul Lo-Fi ke dalam musik mereka. Juga merupakan sub-genre hip-hop. Lo-Fi menggabungkan jazz, house, dan beat hip-hop untuk menciptakan aura yang tenang dan mudah. Anda dapat mainkan sambil belajar, bersantai, atau tidur juga. Anda biasanya dapat mendengar instrumen atau catatan mentah dalam lagu, serta sampel kecil dialog atau pengaturan. Mengacu pada musik yang dibuat dengan komputer suara 8bit seperti chipmusic. Audio yang renyah dan serius dan biasanya mendemostrati frekuensi nyquist yang buruk.

MUSIK yang biasa dikenal Low Fidelity (Lo-Fi) merupakan musik yang dibuat secara unik dengan instrumental-instrumental yang tidak biasa. Mulai dari beberapa suara obrolan yang tidak bisa kita kenali. Hingga instrumen unik seperti suara radio yang berganti, langkah kaki, hingga suara plastik yang bergesekan. Banyak musisi-musisi dari luar negeri yang bisa terkenal dengan membuat musik-musik bertemakan Lo-Fi ini.

Namun, tahukah kita kalau ada beberapa musisi asal Indonesia yang juga terkenal karena musik Lo-Fi yang mereka buat? Yuk simak daftar musisi pembuat musik Lo-Fi asal Indonesia di bawah ini.

1. Jordy Chandara
Musik yang enak bukan berarti musik yang harus keras dan cepat. Musik merupakan selera masing-masing yang tidak bisa harus disama ratakan. Begitulah musik yang dibawakan oleh Jordy Chandra. Jika beberapa artis dikenal karena memiliki karakteristik tersendiri, maka Jordy dikenal dengan karakteristik musik lo-fi instrumental tanpa vokal yang membuat kita seakan-akan mendapatkan cerita dibalik lagu yang ia mainkan. Dengan berbagai instrumen yang ia mainkan sendiri tanpa menggunakan teknik sampling . Sehingga, akan terdengar beberapa ambience dari suara-suara natural yang dibuat dari alat-alat musik yang dimainkan itu.

2. Ice Cream
Campuran dari gaya Hip-Hop Beat dan Rap, membuat beberapa karya Icecream mungkin tidak ‘familiar’ di telinga kita. Ditambah dengan pembawaan musik yang dikategorikan sebagai musik Chill .

Dengan tempo lambat yang cukup bertentangan dengan musik-musik rap yang dikenal dengan temponya yang cepat. Salah satu karya orisinil yang pernah ia buat dan terkenal adalah “Rahasia” dengan jumlah views YouTube mencapai lebih dari 76 ribu views .

3. PXZVC
Dengan teknik remix layaknya musisi internasional lainnya. PXZVC atau musisi yang memiliki nama asli Khoidir Ali ini memiliki ciri khas yaitu lo-fi mix yang ia buat. Lo-fi mix memiliki karakteristik campuran instrumental yang tidak dibuat oleh musisi melainkan karya musisi lain yang digabungkan. Lo-fi buatan PXZVC yang cukup terkenal adalah kolaburasi musik buatannya dengan Shiloh Dynasty yang berjudul in luv w u, Bad Idea, dan Stay .

Sumber

https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Lo-fi
https://merahputih.com/post/read/indonesia-juga-punya-musisi-lo-fi-3-diantaranya-punya-musik-paling-chill