Apa yang dimaksud dengan musik Jazz?

Salah satu genre musik yang terkenal lainnya adalah musik Jazz, apa ya yang dimaksud dengan musik Jazz itu?

Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.

Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Menurut Concise Oxford English Dictionary Revised Edition 2006, jazz adalah satu jenis musik yang berasal dari orang Amerika kulit hitam yang menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritme, dan diiringi dengan instrumen khusus.

Instrumen yang digunakan dalam musik jazz biasanya berupa alat musik modern dan beberapa tambahan alat musik orkestra, seperti: contrabass, gitar bass, piano, trombone, gitar, saxophone, clarinet, terompet, dan biola.

Di Indonesia telah banyak musisi-musisi yang mengusung aliran musik jazz, entah secara keseluruhan atau dikombinasikan dengan aliran musik lainnya. Di antara musisi jazz Indonesia: Tompi, Indra Lesmana, Andien, dan lainnya

Jazz selalu identik dengan Amerika, dimana jazz merupakan perpaduan budaya yang sangat berbeda dan hanya terjadi di Amerika dan lalu menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jazz juga unik karena jazz merupakan asimilasi dari budaya Eropa dan Afrika di mana Amerika menjadi tempat peleburan kedua budaya tersebut. Orang-orang Eropa bermigrasi ke Amerika untuk mencapai impian Amerika ( American dream ) menjelajahi samudera membawa harapan dan juga kebudayaan mereka. Sementara itu, orang-orang Afrika tiba di Amerika dengan impian yang berbeda. Orang-orang Afrika tersebut datang bukan atas kemauan sendiri, namun mereka diculik atau pun dijual oleh suku yang menaklukkan suku mereka. Singkat kata, mereka datang ke Amerika bukan atas kemauan mereka sendiri seperti orang-orang Eropa, sehingga apa pun yang melekat di tubuh itulah yang dibawa ke Amerika.

Orang-orang Afrika ini pun menjadi budak di peternakan orang-orang Eropa. Mereka melihat majikan mereka memainkan alat musik yang dibawa dari Eropa sehingga musik Romantik yang sering mereka dengarkan sedikit banyak mempengaruhi mereka. Ketika alat- alat musik yang dimiliki sang majikan sudah rusak, alat-alat musik itu diberikan kepada para budak. Para budak tentu saja tidak mendapat pelajaran musik sehingga mereka memainkan alat musik tersebut berdasarkan apa yang sering mereka dengar dari majikan mereka namun dengan interpretasi Afrika. Musik tersebut yang lalu menjadi cikal bakal jazz. Oleh karena itu, jazz merupakan asimilasi dari musik Eropa dengan Afrika dan uniknya hasil asimilasi tersebut menjadi sesuatu yang betul-betul baru sehingga berbeda dengan musik yang ada di Eropa maupun Afrika. Perpaduan unsur harmoni dari Eropa dan unsur ritmis yang improvisatif dari Afrika merupakan unsur yang membentuk karakter musik jazz.

Nama ‘jazz’ itus sendiri sulit untuk dijelaskan terutama pada saat ini karena jazz sudah menjadi milik dunia. Bahkan instrumen gamelan juga dapat dipakai untuk membuat musik jazz. Luluk Purwanto, musisi jazz Indonesia pernah mengiringi pagelaran wayang dengan musik jazz. Louis Armstrong sendiri pernah mengatakan, “Jazz adalah sesuatu yang harus dirasakan. Jika kau mulai bertanya, maka kau tidak akan pernah mengerti.” Namun begitu Berendt (1992:453) mendefinikan jazz sebagai bentuk musik seni yang berasal dari Amerika yang merupakan hasil konfrontasi musik Afrika dan musik Eropa.