Apa yang dimaksud dengan musik Dangdut?

Musik dangdut berasal dari upaya pengembangan musik melayu yang diberi tambahan instrument atau alat musik sehingga lebih rancak, variatif, dan dapat memukau para pendengarnya serta enak untuk dinikmati para pendengarnya. Pada mulanya, belantika musik di tanah air telah lama dihiasi oleh alunan-alunan musik melayu yang perkembangannya cukup baik dan dapat bertahan sampai sekarang, utamanya didukung para penyanyi dan pujangga melayu pembuat syairnya, sehingga mampu mengantarkan musik dangdut menjadi cukup popular di tanah air.

Kepopuleran musik dangdut semakin memotivasi para senimannya untuk melakukan modifikasi dan inovasi baru fengan kreatifitas yang dimilikinya, agar musik dangdut lebih terkesan variatif dan enak untuk dinikmati para penggemarnya dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Maka musik dangdut menjadi semakin terkenal dan menjadi sorotan publik dan media massa, bahkan sekarang ini musik dangdut mampu menembus pasaran luar negeri, yang merupakan prestasi yang luar biasa bagi perkembangan dan kemajuan musik di tanah air.

Perkembangan musik dangdut yang cukup menarik perhatian, membuat beberapa seniman musik dangdut berusaha mempertahankan eksistensinya dengan menjaga kualitas, sehingga penggemar tidak dibuat bosan dengan penampilan yang monoton. Maka dibentuklah kelompok musik dangdut koplo yang berperan menganngkat dangdut dari kalangan rendah ke kelas atas melalui pertunjukkan-pertunjuukan dan panggung-panggung di siaran televisi, dengan begitu siapapun tau dan mengenal dangdut koplo sebagai bagian dari aliran musik yang diakui secara permanen dan memiliki tempat khusus di hati penggemarnya.

Dangdut merupakan musik yang berasal dari Indonesia.Dangdut memiliki nuansa india dan melayu.Pada awalanya,musik ini hanya dianggap musik kelas bawah.Namun seiring waktu,musik ini sudah dinikmati semua kalangan.

Musik dangdut adalah musik yang berasal dari Indonesia yang memiliki nuansa india dan melayu. Musik Dangdut memiliki irama yang ringan, inilah yang membuat penyanyi dan penikmat musik ini untuk menggoyangkan anggota badannya. Musik dangdut sangat mudah diterima masyarakat karena liriknya yang sederhana sehingga mudah dimengerti.

Dulunya musik dagdut merupakan musik untuk kalangan kelas bawah dan memang aliran seni musik dangdut ini adalah cerminan dari kondisi masyarakat kelas bawah yang memiliki ciri khas kelugasan dan kesederhaannya. Namun di tahun 2000, musik dangdut mulai dikembangkan oleh para musisi dagdut di daerah Jawa Timur dan muncul istilah dangdut koplo. Dagdut koplo adalah musik yang benuansa jingkrak-jingkrak dan dianggap kurang sopan akan tetapi perkembagannya musik ini banyak disukai karena lirik yang di sapaikan berhungan dengan kehidupann sehari-hari.

Saat ini banyaknya ajang kompetisi dangdut baik secara on air maupun off air menunjukkan bahwa tak hanya orang dewasa yang mahir bernyanyi dangdut dengan cengkok khasnya yang bisa dikatakan sulit tersebut. Namun kenyataannya banyak anak-anak dan remaja yang mampu juga melakukannya.

Hal ini menunjukkan bahwa musik dangdut merupakan musik rakyat, yang bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat Indonesia, walaupun banyak aliran atau warna musik baru yang mulai berdatangan ke Indonesia saat ini.