Apa yang dimaksud dengan musik Blues?

Musik blues sendiri sudah ada didunia dari sekitar beberapa tahun silam, blues ini adalah salah satu genre musik yang terkenal di kalangan masyarakat. Apa ya yang dimaksud dengan musik Blues?

Blues berasal dari masyarakat Afro-Amerika yang berkembang dari musik Afrika barat. Jenis ini kemudian memengaruhi banyak genre musik pop saat ini, termasuk ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, country, dan musik pop.

Rhythm and blues adalah nama musik tradisional masyarakat Afro-Amerika, yaitu musik pop kulit hitam dari tahun 1940-an sampai 1960-an yang bukan jazz atau blues.

Musik blues dikenal sebagai sebuah aliran musik vokal dan instrumental lahir dari etnis Afrika – Amerika di semenanjung Delta Mississippi pada akhir abad 19 sekitar tahun 1895 dan berlangsung hingga kini. Musik ini lahir dari kehidupan para budak yang bekerja sebagai buruh tani ras Afrika – Amerika, dimana musik ini merupakan gejolak hati mereka yang menginginkan kebebasan sebagai budak belian. Perilaku mereka dibatasi, mereka dilarang berkomunikasi atau berbicara. Komunikasi mereka hanyalah melalui bernyanyi, bersiul, atau memukul benda- benda-benda yang ada di sekeliling mereka. Gaya nyanyian dan siulan mereka mengandung untaian nada-nada berbentuk melodi. Musik blues ini biasa mereka perdengarkan pada saat mereka bekerja atau istirahat sore hari, mereka mengalunkan lagu-lagu sedih yang khas melodi Afrika, dan tentu saja dengan lirik-lirik budak yang tertindas pada waktu itu. Pada awalnya lagu blues hanya dinyanyikan tanpa iringan instrumen, kemudian baru mereka mempergunakan alat petik gitar sebagai iringan.

Akhirnya, harapan dan keinginan mereka untuk mendapatkan dan menikmati kebebasan tercapai, ketika dihapuskannya perbudakan di Amerika. Setiap hari para budak Afrika bergembira, menari, dan bernyanyi di sepanjang jalan. Gaya nyanyian mereka itulah yang disebut blues. Selanjutnya para budak Afrika banyak memainkan peralatan musik dari bekas peninggalan majikannya untuk mengiringi gaya nyanyian mereka. Terciptalah suatu rangkaian tangga nada yang disebut dengan “BLUE NOTE”. Nuansa harmoni musik klasik juga memeberi inspirasi dan mempengaruhi imajinasi para budak Afrika dalam meciptakan pola-pola melodi blues. Istilah “blues” mengacu pada “Blues Devil”, yang berarti kesedihan dan melankolis, Penggunaan terminologi ini pada awalnya dikemukakan oleh George Colman dalam sebuah pertunjukan “Blues Devils” tahun 1789.

Belakangan ini musik blues telah mempengaruhi perkembangan [musik] Amerika dan Eropa, seperti dapat terlihat dalam aliran konvensional. Perhatikan bahwa irama dan melodi musik blues sangat kental dengan ras Afrika. Kadang-kadang dalam syair timbul cerita tentang kesedihan mereka sebagai budak dan buruh tani, dan tentu saja perkembangannya sangat dipengaruhi lingkungan urban maupun desa Amerika, dimana ras Afrika mendominasi gaya musik blues.

Blues

Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Masyarakat Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari lagu rohani, lagu kerja, hollers lapangan, teriakan, dan narasi sederhana berirama balada. The blues di mana-mana dalam bentuk jazz, R&B, dan rock n roll dicirikan oleh kord progresif tertentu dengan dua belas bar akord miring progresi yang paling umum dengan nada miring, mencatat bahwa untuk tujuan ekspresif yang dinyanyikan atau dimainkan secara bertahap rata atau menekuk (minor 3 untuk 3 major) sehubungan dengan lapangan dari major scale.

Genre blues didasarkan pada bentuk blues tetapi memiliki karakteristik lain seperti lirik tertentu, garis bass dan instrumen. Blues dapat dibagi menjadi beberapa subgenre mulai dari negara untuk blues perkotaan yang lebih atau kurang populer selama periode yang berbeda dari abad ke-20. Paling dikenal adalah Delta, Piedmont, dan gaya blues Chicago. Perang Dunia II menandai transisi dari akustik ke electric blues dan pembukaan progresif musik blues ke khalayak yang lebih luas. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, terbentuk suatu hibrida yang disebut revolusi blues rock.
(sumber - https://id.wikipedia.org)