Apa yang dimaksud dengan Mucocele ?

Mucocele

Mucocele adalah lesi atau benjolan yang umum ditemukan pada mukosa oral dan merupakan lesi jinak kelenjar saliva yang paling sering ditemukan di rongga mulut. Insiden mucocele sering ditemukan karena adanya trauma kelenjar saliva minor. Mucocele dapat terjadi laki-laki maupun perempuan pada segala usia dengan insiden tertinggi pada dekade kedua. Mucocele dapat terjadi pada daerah manapun di dalam rongga mulut yang mengandung kelenjar saliva minor, tetapi bibir bawah merupakan lokasi paling umum karena paling mudah mengalami trauma.

Apa yang dimaksud dengan Mucocele ?

Air liur atau saliva kita dialirkan dari kelenjar air liur ke dalam mulut melalui suatu saluran kecil yang disebut duktus. Terkadang bisa terjadi ujung duktus tersumbat atau karena trauma misalnya bibir sering tergigit secara tidak sengaja, sehingga air liur menjadi tertahan tidak dapat mengalir keluar dan menyebabkan pembengkakan, yaitu mucocele.

Penanganan mucocele ini meliputi pembedahan dan penanggulangan faktor penyebab, karena apabila hal ini disebabkan oleh trauma kebiasaan buruk maka kebiasaan buruk tersebut harus diatasi juga guna mencegah mucocele timbul kembali. Pada beberapa keadaan tertentu mucocele dapat sembuh dengan sendirinya. Kami menyarankan agar Anda memeriksakan terlebih dahulu keadaan yang sedang dialami.

Mucocele yang dangkal dapat pecah sendiri serta menghasilkan cairan berwarna kekuning-kuningan. Sementara mucocele yang posisinya dalam dapat bertahan lebih lama. Dalam kasus mucocele yang pecah mungkin akan menyebakan rasa sakit dan perih ketika berbicara atau makan.

Benjolan mucocele umumnya tidak terasa terasa sakit. Namun hanya saja jika benjolannya berukuran cukup besar maka menimbulkan rasa yang tidak nyaman serta mengganggu akitivitas mulut, terutama ketika sedang berbicara atau makan

Apabila pembengkakan terjadi akibat submandibular duct, maka mucocele itu dinamakan ranula. Sebuah ranula dapat memiliki ukuran yang besar dan muncul pada bawah lidah. Kasus ranula Ini jarang terjadi, tetapi karena mereka lebih besar, mereka dapat menyebabkan lebih banyak masalah ketika sedang berbicara, mengunyah, atau menelan.