Apa yang dimaksud dengan Muamalah?

Dalam Ekonomi Islam, terdapat istilah Muamalah dalam transaksi ekonominya. Apa yang dimaksud dengan Muamalah?

1 Like

Mu’amalah dalam kamus Bahasa Indonesia artinya hal-hal yang termasuk urusan kemasyarakatan (per- gaulan, perdata, dan sebagainya). Sementara dalam fiqh Islam berarti tukar-menukar barang atau sesuatu yang memberi manfaat dengan cara yang ditempuhnya, seperti jual-beli, sewamenyewa, upah-mengupah, pinjam-meminjam, urusan bercocok tanam, berserikat, dan usaha lainnya.

Dalam melakukan transaksi ekonomi, seperti jual-beli, sewa-menyewa, utangpiutang, dan pinjam-meminjam, Islam melarang beberapa hal di antaranya seperti berikut.

  1. Tidak boleh mempergunakan cara-cara yang batil.

  2. Tidak boleh melakukan kegiatan riba.

  3. Tidak boleh dengan cara-cara zalim (aniaya).

  4. Tidak boleh mempermainkan takaran, timbangan, kualitas, dan kehalalan.

  5. Tidak boleh dengan cara-cara spekulasi/berjudi.

  6. Tidak boleh melakukan transaksi jual-beli barang haram.

Referensi

Mustahdi, dan Mustakim. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Muamalah secara harfiah berarti “pergaulan” atau hubungan antara manusia. Dalam pengertian harfiah yang bersifat umum ini, muamalah berarti perbuatan atau pergaulan manusia di luar ibadah. Muamalah merupakan perbuatan manusia dalam menjalin hubungan atau pergaulan antar sesama manusia.

Muamalah secara terminologi dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu pengertian muamalah dalam arti luas dan dalam arti sempit.

  1. Dalam arti luas, muamalah adalah menghasilkan duniawi supaya menjadi sebab suksesnya urusan ukhrawy.

    • Menurut Muhammad Yusuf Musa yang dikutip Abdul Majjid, Muamalah adalah peraturan-peraturan Allah yang harus diikuti dan ditaati dalam hidup bermasyarakat untuk m enjaga kepentingan manusia.

    Sehingga pengertian muamalah dalam arti luas, yaitu aturan-aturan Allah untuk mengatur manusia dalam kaitannya dengan urusan duniawi (pergaulan sosial).

  2. Dalam arti sempit, muamalah didefinisikan oleh para ahli sebagai berikut.

    • Manurut Khudari beik yang dikutip oleh hendi Suhendi, muamalah adalah semua akad yang membolehkan manusia saling menukar manfaatnya.
    • Menurut Rasyid Ridda, muamalah adalah tukar menukar barang atau sesuatu yang bermanfaat dengan cara-cara yang telah ditentukan.

    Dari definisi tersebut dapat dipahami bahwa pengertian muamalah dalam arti sempit, yaitu semua akad yang membolehkan manusia saling menukar manfaatnya dengan cara-cara dan aturan yang telah ditentukan Allah dan manusia wajib mentaati-Nya.

Referensi

Megawati, Arlianah. 2019. Konsep Fikih Muamalah. Artikel Ilmiah. IAIN Parepare.