Apa yang dimaksud dengan Motherboard ?

arsitektur_komputer

(Abdul Latif) #1

Motherboard adalah suatu perangkat komputer yang menghubungkan setiap komponen-komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain seperti processor, video card, RAM, hard disk, dan lain sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan Motherboard ?


(Kelvin Anggatanata) #2

Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic input Ouput System), Chipset (pengatur koneksi input-ouput),RAM (memori penyimpanan data sementara),VGA (memori penyimpan data grafis), Processor & Additional card (PCI,ISA).

Motherboard merupakan kompenen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer, motherboard mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Pada motherboard yang khas, sirkuit yang dicetak atau ditempelkan ke permukaan permukaan planar tegas dan biasanya diproduksi dalam satu langkah.[1]

desain motherboard yang paling umum di komputer desktop saat ini adalah AT, berdasarkan pada motherboard IBM AT. Sebuah spesifikasi motherboard yang lebih baru, ATX, meningkatkan pada desain AT. Dalam kedua AT dan ATX desain.[1]

Komponen-komponen motherboard


  • Soket processor
    Tempat / dudukan untuk menyimpan processor

  • 4 / 8 pin power processor
    Bagian ini berfungsi menyalurkan daya pada prosesor, penggunaan 4 / 8 pin tergantung dari jenis motherboardnya sendiri dan daya yang dibutuhkan prosesor (TDP). 4 pin = 95 watt dan 8 pin = 125 watt.

  • CPU Fan Connection ( kipas headsing processor )
    Port ini berperan menghidupkan kipas pendingin processor (hsf).

  • Slot RAM
    Bagian motherboard untuk meletakan RAM. Terdapat beberapa jenis slot RAM diantaranya SD RAM, DDR, DDR2 , slot DDR3 dan kapasitasnya berbeda-beda.Terdiri dari 8gb, 16gb, 32gb tergantung dari jenis motherboard.

  • IDE Primer dan Sekunder
    IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD / DVD drive.

  • 24 Pin Power connector
    Berfungsi sebagi port untuk menyalurkan listrik dari power supply ke seluruh bagian motherboard.

  • Konektor SATA
    SATA (Serial Advanced Technology Attachment).Berfungsi sebagai port data dari harddisk dan dvd drive. Ini merupakan model konektor terbaru dengan ciri-ciri kabel datanya lebih kecil serta ramping.

  • Sistem Panel Connector
    Pada bagian Connector – connector ini akan disambungkan pada tombol-tombol pada casing seperti tombol power, restart, lampu power serta lampu hardisk.

  • Serial Port Connection
    Tempat atau dudukan pin untuk port usb pada casing

  • Slot PCI Express
    Berfungsi sebagai penambah port usb atau komponen tambahan lainnya

  • Slot PCI
    Slot PCI adalah slot tambahan atau external pada komputer.Komputer dapat di upgrade dengan menambahkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan pada expansion card ini.

  • Slot VGA (AGP)
    lot AGP (Accelerated Graphics Port) digunakan untuk meletakan atau memasang VGA Card / kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D atau membuat desain. Letaknya berada di samping slot PCI.

  • Baterai CMOS
    Berfungsi menyimpan pengaturan data & waktu. Ketika komputer dimatikan, maka komputer berhenti menyediakan pasokan daya listrik ke motherboard.Ketika komputer dihidupkan kembali, sistem ini masih berada di waktu yang tepat. Sirkuit elektronik, disebut CMOS (komplementer MetalOxyde Semiconductor kadang-kadang disebut BIOS CMOS), menyimpan beberapa sistem informasi, seperti waktu, sistem tanggal, dan beberapa sistem pengaturan penting. itu sebabnya tanggal pada komputer selalu tepat (sesuai dengan settingan), walaupun komputer dimatikan. Agar dapat menyimpanan tanggal & waktu serta informasi perangkat keras yang terpasang, maka motherboard memerlukan baterai CMOS diletakan di bagian motherboard, baterai ini sama dengan baterai jam berukuran besar.

  • Line out jack
    jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadi speaker out depan.

  • Microphone jack
    Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel fungsi jack ini rear speaker out belakang.

Referensi


1.Rouse,Margaret.2015.What is motherboard?. http://whatis.techtarget.com/definition/motherboard. 18 desember 2016.
2.Anonim.2008.Motherboard Definition. http://techterms.com/definition/motherboard. 18 desember 2016.


(Cute Tik Tok Girls) #3

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer, motherboard mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.