Apa yang dimaksud dengan Monosakarida?

Monosakarida

Monosakarida atau monosaccharide adalah gula sederhana dengan moleuk berupa rantai -CHOH- dengan sam gugus keton (-CO-) atau aldehida (-CHO; banyaknya atom karbon beragam dari 3 sampai 20; namun, yang paling umum adalah 6 karbon (heksosa) dan 5 karbon (pentosa)

Sumber
  • A. Hadyana Pudjaatmaka, Dedi Fardias, Agus Taufiq, 1993, Seri Kamus Kimia: Kimia Pangan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Monosakarida, juga disebut gula sederhana, salah satu senyawa dasar yang berfungsi sebagai bahan penyusun karbohidrat. Monosakarida adalah polihidroksi aldehida atau keton; yaitu, mereka adalah molekul dengan lebih dari satu gugus hidroksil (―OH), dan gugus karbonil (C = O) baik pada atom karbon terminal (aldosa) atau pada atom karbon kedua (ketosa). Gugus karbonil bergabung dalam larutan air dengan satu gugus hidroksil untuk membentuk senyawa siklik (hemi-asetal atau hemi-ketal). Monosakarida yang dihasilkan adalah padatan kristal yang larut dalam air.

Monosakarida diklasifikasikan berdasarkan jumlah atom karbon dalam molekul; diosis memiliki dua, triosis memiliki tiga, tetroses empat, pentosis lima, heksosa enam, dan heptosis tujuh. Kebanyakan berisi lima atau enam. Pentosa terpenting termasuk xilosa, ditemukan digabungkan sebagai xilan dalam bahan kayu; arabinose dari pohon jenis konifera; ribosa, komponen asam ribonukleat (RNA) dan beberapa vitamin; dan deoksiribosa, salah satu komponen asam deoksiribonukleat (DNA). Di antara aldoheksosa terpenting adalah glukosa, manosa, dan galaktosa; fruktosa adalah ketoheksosa.

image

Beberapa turunan monosakarida penting. Asam askorbat (vitamin C) berasal dari glukosa. Alkohol gula penting (alditol), dibentuk oleh reduksi (yaitu, penambahan hidrogen ke) monosakarida, termasuk sorbitol (glukitol) dari glukosa dan manitol dari manosa; keduanya digunakan sebagai agen pemanis. Glikosida yang berasal dari monosakarida tersebar luas di alam, terutama pada tumbuhan. Gula amino (yaitu, gula di mana satu atau dua gugus hidroksil diganti dengan gugus amino, ―NH2) muncul sebagai komponen glikolipid dan kitin artropoda.

Sumber