Apa yang dimaksud dengan Model Perilaku Konsumen dari Francesco Nicosia?

Ilmu perilaku konsumen merupakan ilmu tentang bagaimana individu mengambil suatu keputusan dalam menggunakan sumber daya yang dimilikinya yaitu waktu, tenaga, dan uang untuk mengkonsumsi sesuatu, termasuk mempelajari apa, mengapa, kapan, dan dimana seseorang membeli, serta seberapa sering seseorang membeli dan menggunakan suatu produk dan jasa.

Apa yang dimaksud dengan Model Perilaku Konsumen dari Francesco Nicosia ?

perilaku konsumen

Pengambilan keputusan konsumen dari Nicosia melibatkan firma. Firma akan mempengaruhi perilaku konsumen, dan sebaliknya.Model ini dibagi menjadi empat lapangan, yaitu :

  • Lapangan 1, meliputi arus berita dari firma kepada atau penyampaian pesan, terdiri dari bagian 1 variabel- variabel dan sifat-sifat merk dan produk, faktor lingkungannya, strategi pemasaran, saingan dan iklan , bagian 2 merupakan atribut konsumen dan juga merupakan predisposisi untuk terbentuknya sikap konsumen terhadap merk atau produk tertentu.

  • Lapangan 2 merupakan usaha pencarian informasi dan evaluasi informasi yang diterima mengenai produk.

  • Lapangan 3 merupakan suatu keputusan membeli sebagai suatu pemilihan alternatif yang diambil.

  • Lapangan 4 merupakan penyimpanan kesan mengenai pengalaman terhadap suatu produk yang mengendap di dalam memori.

image
Gambar Model Perilaku Konsumen dari Francesco Nicosia

Dapat dijelaskan di sini bahwa ada sedikit perbedaan- perbedaan di antara model-model Perilaku konsumen tersebut, yaitu :

Tabel Berbagai Model Perilaku Konsumen ditinjau dari tujuan dan Unit Analisis
image
image