Apa yang dimaksud dengan Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle)?

Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle)

Model pembelajaran dapat diartikan sebagai, kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sitematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan berfungsu sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para guru dalam merancang dan melaksanakan proses belajar megajar.

Apa yang dimaksud dengan Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) ?

Pengertian Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle)


Model pembelajaran dapat diartikan sebagai, kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sitematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan berfungsu sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para guru dalam merancang dan melaksanakan proses belajar megajar.

Dalam kamus lengkap praktis Inggris-Indonesia serta Indonesia Inggris dikatakan bahwa inside artinya bagian dalam atau ke dalam, sedangkan outside artinya sebelah luar dan circle artinya lingkaran. Model pembelajaran dengan sistem lingkaran kecil dan besar diperkenalkan oleh kagan, diawali dengan pembentukan kelompok besar dalam kelas yang terdiri dari kelompok lingkaran dalam dan kelompok lingkaran luar. Anggota kelompok lingkaran luar berdiri menghadap kedalam. Antar anggota lingkaran dalam dan luar saling berpasangan dan berhadap-hadapan, dimana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.

Didalam Al-Qur’an dan hadis dijelaskan mengenai komunikasi dan berbagi informasi yang berkaitan dengan model pembelajaran IOC ( Inside Outside Circle ). Allah Berfirman dalam Qur’an Surah: Al Isra’ ayat , yang artinya sebagai berikut:

“Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhannya yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka Qaulan Maysura - ucapan yang mudah”.

Adapun kaitannya Model IOC ( Inside Out Side Circle ) dengan maksud Hadis Rasullah SAW: “Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Abu kuraib sedangkan dari lafadznya dari Abu Bakar, keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dari Buraid bin Abdullah dari Abu Bardah dari Abu Musa, ia berkata Rasulullah saw. ketika mengutus salah seorang sahabat di dalam sebagian perintahnya Rasulullah saw bersabda berilah mereka kabar gembira dan janganlah mereka dibuat lari dan permudahkanlah manusia dalam soal-soal agama dan janganlah mempersukar mereka.”

Berdasarkan makna hadits tersebut dapat dipahami, bahwa menyampaikan informasi yang menggembirakan atau baik merupakan kegiatan yang di contohkan oleh Rasulullah saw. sehingga sangat mendukung model pembelajaran inside outside circle. Dikarenakan model ini mengutamakan pengalaman langsung dalam belajar dan siswa terbangunlah sifat kerja sama antar siswa.

Menurut lie, model pembelajaran IOC ( Inside Outside Circle ) adalah teknik yang memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi informasi pada saat bersamaan, menyampaikan pesan pembelajaran yang efektif, dengan model ini siswa ditekankan melakukan kerjasama, kelompok saling berpartisipasi, saling berusaha membantu, saling bertanya, saling memperhatikan, sehingga suasana pembelajaran tidak membosankan, pembelajaran aktif responsif. Inside outside circle adalah model yang melibatkan lebih banyak siswa yang menelaah materi yang tercakup dalam suatu pembelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadapa isi pelajaran tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, diketahui bahwa IOC ( Inside Outside Circle ) merupakan dua buah lingkaran yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya yaitu lingkaran dalam atau lingkaran kecil dan lingkaran luar atau lingkaran besar. dimana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Ini merupakan salah satu tipe dari Cooverative learning yang melatih kedisiplinan dan ketertiban peserta didik, serta menumbuhkan kemampuan berfikir

Menurut Spencer Kagan (1993) “Model Pembelajaran Lingkaran dalam dan Luar atau disebut juga Inside Outside Circle (IOC) adalah model pembelajaran dengan sistem lingkaran kecil dan lingkaran besar dimana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.”

Model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) adalah model pembelajaran dengan sistem lingkaran luar dan lingkaran dalam di mana peserta didik saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Inside Outside Circle ( IOC )

Menurut Spencer Kagan (1994) ada lima langkah utama dalam penerapan Model IOC ini, yaitu:

  1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar

  2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam

  3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan

  4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu.

  5. Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi.

Kelebihan dan Kekurangan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)

1) Kelebihan model pembelajaran Inside Outside Circle

  • Tidak ada bahan spesifikasi yang dibutuhkan untuk strategi sehingga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pelajaran

  • Kegiatan ini dapat membangun sifat kerjasama antar siswa

  • Mendapatkan informasi yang berbeda pada saat bersamaan.

2) Kekurangan model pembelajaran Inside Outside Circle

  • Membutuhkan ruang kelas yang besar.

  • Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau.