© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Model Komunikasi Barnlund?

Bagaimana penjelasan terkait dengan model komunikasi intrapribadi dan komunikasi antarpribadi dari Barnlund

Dean Barlund, seorang ahli komunikasi Amerika Serikat membuat dua model komunikasi, yaitu: model komunikasi intrapersonal (intrapribadi) dan model komunikasi antarpribadi. Gambaran mengenal kedua model tersebut adalah sebagai berikut.

1. Model Komunikasi Intrapribadi

Komunikasi intrapribadi sebagaimana telah dijelaskan di bagian depan adalah komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang. Pengertian komunikasi di sini menunjuk pada proses pengolahan dan pembentukan informasi melalui sistem syaraf dan otak manusia sehubungan dengan adanya stimulus yang ditangkap melalui pancaindra.

Proses berpikir (mencerna dan memahami suatu simbol), serta melakukan reaksi atas suatu stimulus, adalah bagian dari proses komunikasi yang terjadi dari dalam diri manusia. Jalannya proses komunikasi intrapribadi ini, menurut Barnlund dapat digambarkan sebagai berikut.

model komunikasi barnlund intrapribadi

Keterangan:

Cpu = Public cues (isyarat publik)
Cpr = Private cues (isyarat pribadi)
Cheh-nv = Nonverbal behavioral cues (isyarat tingkah laku nonverbal)
+, 0 = Valensi positif, netral, negatif p

Gambar model di atas menjelaskan bahwa pada dasarnya tingkah laku nonverbal seseorang apakah bervalensi positif, netral, atau negatif dipengaruhi oleh isyarat-isyarat pribadi dan publik yang dialami atau sampai kepada dirinya.

Rasa gembira karena baru mendapat kiriman uang, atau perasaan senang karena habis makan goreng ayam yang enak, adalah control isyarat pribadi yang bervalensi positif (Cpr+).
Ruangan kuliah yang dingin karena ber-AC, atau tempat duduknya yang rapi, bersih, dan empuk, adalah contoh-contoh isyarat publik yang bervalensi positif (Cpu+).

Apabila contoh-contoh di atas dialami oleh seorang mahasiswa yang akan kuliah maka begitu masuk dan duduk di ruang kuliah kemungkinan ia akan tampak ceria mengangguk-anggukkan kepalanya tanda gembira, atau bersiul kecil pertanda senang (Cbeh-nv+).

Dalam kenyataannya, seseorang tentu saja akan mengalami berbagai isyarat (baik pribadi, ataupun publik) yang bervalensi positif, netral maupun negatif. Namun, menurut model ini, semua isyarat ini setelah di-decode, akan membentuk (encode) suatu isyarat tingkah laku nonverbal tertentu (positif, netral, atau negatif).

2. Model Komunikasi Antarpribadi

model komunikasi barnlund antarpribadi

Keterangan :
M = Message (pesan)
Cbeh-v = Verbal Behavioral Cues (Isyarat tingkah laku verbal)

Proses komunikasi antarpribadi seperti digambarkan dalam model di atas, pada dasarnya merupakan kelanjutan daripada proses komunikasi intrapribadi sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Ada dua elemen tambahan, yakni pesan (M) dan isyarat tingkah laku verbal (Cbeh-v). Dengan demikian pola dan bentuk komunikasi yang terjadi antara dua orang dipengaruhi oleh hasil proses komunikasi intrapribadi yang terjadi dalam dirinya masing-masing.

Sumber : S.Djuarsa Sendjaja,Ph.D, “Pengantar Ilmu Komunikasi”