Apa yang dimaksud dengan model kepemimpinan harga (the price leadership model) ?
Model kepemimpinan harga (the price leadership) merupakan bentk kerjasama yang tidak formal, dimana perusahaan secara diam-diam memutuskan untuk menetapkan harga yang sama. Harga kepemimpinan mungkin disebabkan oleh biaya produksi yang rendah dari suatu perusahaan atau mungkin karena perusahaan dominan di dalam industri/pasar.
Gambar : Price leader by lower cost firm
Pada gambar di atas terdapat dua perusahaan, sebut saja perusahaan A dan perusahaan B yang masing-masing memiliki MC dan AC sendiri-sendiri. Bagi perusahaan yang menjual dengan harga lebih tinggi (P1), jika tidak ingin kehilangan pasar (pembeli) maka harus mengikuti harga perusahaan dengan P2. Oleh karena itu, perusahaan yang mampu menjual dengan harga lebih rendah disebut price leader dan perusahaan pengikut (erusahaan 1) disebut follower. Dengan demikian, laba yang diperoleh perusahaan follower tidak akan maksimum.
Referensi
Multifiah. 2011. Teori Ekonomi Mikro. Malang : UB Press.