Apa yang dimaksud dengan Model Garbage Can ?

kebijakan_publik

(Lia Permata Sari) #1

Garbage Can Model

Karakteristik dari Garbage Can Model adalah proses pengambilan keputusan yang tidak berurutan

Apa yang dimaksud dengan Model Garbage Can ?


(Aneska Zoya Raveena) #2

Model kaleng sampah atau model garbage can, yang digagas oleh March dan Olsen, mengusulkan apa yang disebut ‟dari pembuatan keputusan yang menolak rasionalitas dan menerima irrasional." Dalam pandangan model ini, pembuatan keputusan merupakan suatu hal yang ber ambiguous (bersifat mendua) sangat tinggi dan berawal dari proses yang tidak dapat diperkirakan dalam pemecahan masalah untuk mencapai tujuan.

Menurut March dan Olsen, keputusan dapat tercapai melalui hal-hal berikut:

Berbagai masalah dan alternatif pemecahan masalah dibuang oleh partisipan ke dalam kaleng sampah. Di dalam suatu kaleng sampah terdapat beberapa alternatif, tetapi ini juga tergantung pada sampah apa yang dihasilkan dari suatu kejadian atau masalah, pada campuran sampah kaleng yang tersedia, dan pada kecepatan yang dikoleksi sampah dibuang dari tempatnya.

Model kaleng sampah

March dan Olsen secara sengaja menggunakan metafora kaleng sampah untuk mengupas aura dari ilmu pengetahuan dan rasionalitas, dalam mencari alternatif yang tujuannya seringkali tidak diketahui para pembuat kebijakan, sebagaimana hubungan kausal. Dalam pandangan mereka, para pelaku menentukan tujuan yang sederhana dan memilih alternatif-alternatif ketika mereka berada dalam suatu proses yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya.

Sumber : Prof. Dr. Sri Suwitri, M.Si., Konsep Dasar Kebijakan Publik