© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Model AIDA dalam Ilmu Komunikasi?

AIDA adalah salah satu teori dasar yang banyak dipakai dalam dunia marketing sebagai tahapan yang harus diingat dalam proses penjualan sebuah produk atau jasa.

Model AIDA ( Attention, Interest, Desire, Action) dikembangkan pada tahun 1920-an. Model ini memberikan gambaran bahwa (Duncan 2005):

“Dampak atau efek dari komunikasi yan gterjadi pada seseorang setelah proses penerimaan pesan terdiri dari empat tahapan : Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Desire (Minat), dan Action (Tindakan).

AIDA adalah empat tahapan persuasif yang menunjukkan tingkatan pesan yang diterima konsumen : Attention, Interest, Desire dan Action.

Attention

  1. The process by which consumers select information in the environment to interpret. Also, the point at whick consumers become conscious or aware of certain stimuli (Peter & Olson, 2005 , 545)
  2. Consumer need to be aware that the product exists, what it is, what it does, and perhaps also where and when it is available.
  3. Grab the attention of the audience.
  4. Inform potential customer about the product.
  5. Establish consumer awareness of the product (Marketing Presentation-AIDA &Dagmar 2006)

Tahap Attention adalah proses awal dimana seseorang mulai memilih, mengetahui dan memahami suatu informasi yang diterimanya, menjadi sadar dan tahu akan adanya suatu produk tertentu.

Interest

  1. Create and stimulate customer interest
  2. Creating an understanding of benefits of the product in relations to the needs of customer
  3. Focuses on how the products meets their needs.
  4. Move potential customer from passive awareness to a more active consideration of product’ss merits (Marketing Presentation-Aida&Dagmar 2006)
  5. Explain what special features does the products have, what benefits does it offer to consumers, how might it satisfy any of variety of needs and wants that the consumer have
  6. Consumer develops a reaction to the product, usually either favourable or unfavourable (Dictionary of Business and Management 2006)

Tahap interest adalah tahap dimana seseorang mulai tertarik untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang suatu produk, keunggulannya sampai manfaat apa yang dapat diperoleh dari produk tersebut, apakah sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada tahap ini seseorang tidak lagi pasif dalam kesadarannya, namun sudah mulai aktif mempertimbangkan kebaikan dari produk tersebut bagi dirinya.

Desire

  1. Induce a favourable attitude to the products, especially in relations to competing the products
  2. Arouse a desire for the product above any desire from competitors products (Marketing Presentation- Aida&Dagmar 2006)
  3. Creating in the consumer’s mind a desire to purchase
  4. Connecting the benefits of the product with the consumer’s needs and wants
  5. Advertising has to show consumers that there is a product available which will satisfy their needs and they can satisfy that need by purchasing the product (Dictionary of Business and Management 2006)

Tahap Desire merupakan tahap dimana seseorang sudah maulai menentukan sikapnya terhadap suatu produk yang disukainya. Mulai timbul kecocokan dengan kebutuhannya, keharusan dan keyakinan untuk menggunakan produk tersebut dibandingkan dengan produk lainnya.

Action

  1. Prompt customer action
  2. The action sought is for the customer to purchase the product (Marketing Presentation- Aida&Dagmar 2006)
  3. Consumer actually get up, get out, actively seek the product and buy it (Dictionary of Business and Management 2006)
  4. The final effect which may be several responses in addition to an actual purchase, such as seeking more information, talking to others who habe used the brand, visiting store, or making trial use or sampling to the product (Duncan 2005 , 139)

Tahap Action ini adalah tahap akhir dimana seseorang mulai mencari dan membeli produk tersebut (Purchase decision)

Model AIDA merupakan proses pengambilan keputusan pembelian yaitu suatu proses psikologis yang dilalui oleh konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa, kemudian jika berkesan dia melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut, jika intensitas ketertarikannya kuat maka berlanjut ke tahap memiliki hasrat atau keinginan (Desire) karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhannya.

Jika hasrat dan keinginannya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action to buy) barang atau jasa yang di tawarkan. Jadi, tujuan dilakukan promosi adalah untuk menghasilkan respons pembelian.

image

Pembelian adalah hasil dari proses pengambilan keputusan konsumen yang panjang.