Apa yang dimaksud dengan modal investasi atau Capital investment ?

Modal investasi atau capital investment adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan untuk mendirikan dan mengoperasikan pabrik sehingga menghasilkan produk dari suatu bahan baku

Apa yang dimaksud dengan modal investasi atau Capital investment ?

Capital investment atau modal investasi adalah sejumlah uang yang harus disediakan untuk pembuatan, konstruksi dan mengoperasikan pabrik untuk beberapa waktu.

Ada 2 cara untuk menaksir besarnya capital investment sebuah pabrik, yaitu: pre-design estimate atau taksiran kasar dan Firm estimate atau taksiran konkrit atau nyata.

  • Pre-design estimate
    Pada penaksiran pre-design estimate adalah cara yang paling sederhana karena data yang digunakan sangat kurang sekali.

  • Firm estimate
    Penaksiran dengan cara firm estimate adalah cara menaksir capital investment dengan menggunakan data yang lebih lengkap yang berkaitan dengan: spesifikasi peralatan, bangunan, alat-alat listrik, alat-alat control dan lainnya. Untuk menaksir capital investment yang mendekati kenyataan maka data masing-masing peralatan, seperti: alat proses produksi, alat transportasi bahan dan lain-lainnya harus diketahui secara detail. Penaksiran harga alat tersebut akan didasarkan pada gambar, blue print yang lengkap dan paling mutakhir. Kesalahan pada cara penaksiran ini bisa tidak lebih dari 10% dari harga sebenarnya. Oleh sebab itu dengan sangat banyaknya kebutuhan data akan menyebabkan biaya investasi akan menjadi besar.

    Ada dua cara menaksir untuk menaksir harga dengan cara quotasi, yaitu:

    • Purchased plant cost, yaitu suatu cara menaksir capital investment dengan cara langsung bertanya harga suatu pabrik yang berkaitan dengan spesifikasi atau lain-lainnya

    • Proses, yaitu suatu cara menaksir capital investment berdasarkan desain yang dibuat, meliputi: memilih proses, membuat material balance, energy balance, sehingga akan didapatkan spesifikasi peralatan sehingga akan didapatkan purchased plant cost .