Apa yang dimaksud dengan mineral makeup?

Saat ini banyak sekali produk kecantikan, misalnya bedak wajah, yang mengklaim termasuk ke dalam mineral makeup. Sebenarnya apa itu mineral makeup?

Mineral makeup adalah makeup yang termasuk ke dalam produk yang diklaim aman, alami dan organik. Jenis makeup ini ditemukan pada tahun 1970-an dengan tujuan membuat riasan tampak lebih alami. Namun, ternyata makeup ini telah digunakan dari jaman dahulu kala. Budaya kuno sudah menggunakan mineral alami untuk diaplikasikan pada kulit, sebagai kamuflase dan cat untuk perang.

Kandungan yang ada didalamnya adalah Iron oxides, talc, zinc oxide, dan titanium dioxide adalah kandungan yang terdapat dalam mineral makeup. Zat-zat tersebut telah dijadikan dalam bentuk mikro atau diurai sehingga menjadi partikel kecil untuk membuat makeup.

Iron dioxide merupakan komponen yang terbentuk dari besi dan oksigen, kegunaan senyawa ini adalah untuk menciptakan warna pada makeup. Talc adalah komponen yang sering kita dengar di bahan-bahan kosmetik. Biasanya tak hanya ditemukan pada kosmetik, mineral lembut ini juga ditemukan pada makanan dan obat. Mineral ini terbuat dari magnesium, silikon, dan oksigen. Jika bahan ini ditemukan pada bedak, ia akan menyerap kelembapan, mencegah kulit jadi berminyak dan mencegah ruam.

Sedangkan zinc dioxide juga memiliki manfaat untuk mencegah iritasi kulit dan membantu penyembuhan kulit iritasi. Mineral makeup semakin lengkap ketika ada kandungan titanium dioxide, fungsi dari komponen ini adalah sebagai pelindung dari sinar matahari, mengurangi risiko iritasi dan kemerahan akibat sinar matahari.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/apa-itu-mineral-makeup/