Apa yang dimaksud dengan Metode Loci atau Method of loci?

Method of Loci adalah suatu teknik mengingat di mana barang-barang yang akan diingat dikaitkan dengan tempat atau bagian tertentu dari suatu tempat.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology

Metode loci merupakan salah satu teknik tertua dari metode Mnemonic (Richmond, Cummings, Klapp, 2008), dimana metode mnemonic adalah suatu strategi yang digunakan untuk mengingat (Papalia, Old, Feldman, 2008).

Metode Loci ( Method of loci ) adalah suatu teknik mengingat di mana barang-barang yang akan diingat dikaitkan dengan tempat atau bagian tertentu dari suatu tempat. The Cambridge Dictionary of Psychology

Dalam metode loci kita menggunakan perumpamaan visual untuk mengasosiasikan item dari list yang baru dipelajari dengan lokasi fisik yang diketahui dengan baik. Untuk menggunakan teknik ini, kita harus sangat familiar dengan lingkungan yang ingin digunakan (Schwartz, 2014). Metode loci terdiri dari identifikasi dari tempat familiar yang tersusun, menciptakan gambaran dari item yang akan dipanggil kembali yang telah diasosiasikan dengan tempat serta pemanggilan kembali diartikan sebagai mengunjungi kembali suatu tempat, yang mana menyediakan suatu isyarat untuk item yang akan dipanggil kembali (Solso, Maclin dan Maclin, 2005).

Contoh Penggunaan Metode Loci

Loci (lokasi) adalah alat mnemonik yang berfungsi dengan mengasosiakan tempat-tempat atau benda-benda dilokasi yang dikenal dengan hal-hal yang ingin diingat. Misalkan kita akan memberikan pidato yang mengandung lima topik utama. Setiap bagian pidato yang akan dihubungkan pada “pasak” (penanda) yang mewakili urutan isi pidato.

Misalnya, kita membayangkan sebuah ruang konferensi. Tanaman besar yang terletak didekat podium adalah hal pertama yang dilihat ketika maju ke panggung, melihat tanaman tersebut mengingatkan kita pada ucapan selamat datang yang ingin disampaikan. Piagam-piagam yang terpasang di dinding dipilih untuk mengingatkan kita pada topik selanjutnya. Unsur pidato selanjutnya – situasi saat ini – dihubungkan dengan bendera yang ada di ujung ruangan. Tanda “exit” di atas pintu dipilih untuk memicu bagian penutup, dan seterusnya.

Dalam mengembangkan sistem ini disarankan untuk konsisten menggunakan penanda yang sama untuk urutan yang sama. Jadi, pintu depan rumah merupakan penanda pertama, jalan masuk menjadi penanda kedua, ruang makan penanda ketiga, dan seterusnya. Penanda lokasi tambahan dalam ruangan-ruangan tadi juga dapat diterapkan.

Strategi ini adalah metode ingatan yang pernah dipilih oleh para orator besar masa lampau. Aspek imajinasi visual strategi ini merupakan alat bantu yang sangat berguna bagi pembelajar yang dominan secara visual.

Referensi :
Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology
Richmond, A. S., Cummings, R., Klapp, M. (2008). “Transfer Of The Method Of Loci, Pegword, And Keyword Mnemonics In The Eighth Grade Classroom”, Researcher, 21, 2, 1 – 13
Papalia, D. E., Olds, S. W., Feldman, R. D. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan) Edisi Kesembilan. Jakarta: kencana
Schwartz. B. L. (2014). Memory: Foundations and Applications second Edition. United States: Sage Publications, Inc.
Solso, R. L., Maclin, M. K., Maclin, O. T. (2005). Cognitive Psychology Seventh Edition. United States: Pearson Education, Inc