Apa yang dimaksud dengan Metaheuristik?


Apa yang dimaksud dengan Metaheuristik ?

Metaheuristik adalah seperangkat konsep algoritmik yang dapat digunakan untuk mendefinisikan metode heuristik berlaku untuk berbagai masalah yang berbeda. - Sebuah metaheuristik metaheuristik dapat dilihat sebagai dilihat sebagai metode heuristik umum bertujuan umum menuju menjanjikan wilayah ruang pencarian yang mengandung kualitas tinggi solusi. Metaheuristik adalah kerangka algoritmik umum yang dapat diterapkan pada berbagai optimasi masalah dengan modifikasi yang relatif sedikit untuk dibuat mereka beradaptasi dengan masalah tertentu.

Metode metahuristik adalah metode optimisasi yang dilakukan dengan memperbaiki kandidat penyelesaian secara iteratif sesuai dengan fungsi objektifnya (Talbi. 2009). Metode ini mampu menghasilkan penyelesaian yang baik dalam waktu yang cepat (acceptable), tetapi tidak menjamin bahwa penyelesaian yang dihasilkan merupakan penyelesaian terbaik (optimal). Metaheuristik ini menekankan pada proses eksplorasi (pencarian global) dan eksploitasi (pencarian lokal).

Metode metaheuristik pada masa modern ini sering diinspirasi dari kejadian-kejadian alami baik dari tingkah laku hewan, tumbuhan dan juga konsep evolusi. Metode metaheuristik yang menggunakan konsep evolusi diinspirasi dari hukum Darwin, bahwa yang bertahan adalah yang paling kuat atau yang paling baik. Teknik evolusi digunakan pada algoritma genetika (Genetic Algorithm) dan Differential Evolution (DE) untuk membantu menemukan solusi optimal suatu permasalahan. Adapun algoritma yang didasarkan pada teknik swarm intelligence yaitu seperti halnya Particle Swarm Optimization (PSO), Ant Colony Optimization, Artificial Bee Colony, Chuckoo Search, Firefly, and Bat Algorithm.

Menurut Blum dan Roli (2003), metaheuristik memiliki beberapa karakteristik dasar yaitu:

  1. Metaheuristik adalah strategi yang memandu proses pencarian.
  2. Tujuan dari metaheuristik adalah untuk menjelajahi ruang pencarian secara efficient untuk menemukan solusi optimal.
  3. Teknik metaheuristik berkisar dari prosedur pencarian local yang sederhana sampai proses pembelajaran yang komplek.
  4. Meteheuristik adalah metode pendekatan dan biasanya non-deterministik.
  5. Metaheuristik dapat terdiri dari penggabungan beberapa mekanisme supaya proses pencarian tidak terjebak dalam daerah terbatas di ruang pencarian.
Ringkasan

http://www.softscients.web.id/2019/03/heuristik-dan-metaheuristik.html