Apa yang dimaksud dengan metabolisme tubuh?

Metabolisme

Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat sel. Tiga tujuan utama metabolisme yaitu:

  • Konversi makanan menjadi energi untuk menjalankan proses seluler.

  • Konversi makanan/bahan bakar menjadi bahan penyusun protein, lipid, asam nukleat dan beberapa karbohidrat.

  • Pembuangan limbah nitrogen. Reaksi yang dikatalisis oleh enzim ini memungkinkan organisme untuk tumbuh dan berkembang biak, mempertahankan strukturnya, dan merespons lingkungannya.

Metabolisme meliputi setiap proses kimiawi yang terjadi di dalam badan, metabolisme merupakan proses dasar yang terjadi pada setiap orang bahkan tiap makhluk hidup agar fungsi tubuhnya dapat berjalan dengan normal.

Metabolisme merupakan seluruh proses dan jalur reaksi biokimiawi yang terjadi di dalam tubuh. Apabila proses metabolisme terganggu maka fungsi atau kondisi fisiologis dari individu tersebut juga terganggu. Gangguan atau sindrom metabolik meliputi gangguan terhadap sintesis atau katabolisme molekul kompleks, akumulasi akut dari senyawa toksik karena hambatan metabolisme, dan gangguan akibat defisiensi sintesis atau penggunaan energi.

Penyebab utama dari gangguan metabolisme adalah resistensi insulin dan obesitas.

Dalam tubuh manusia, proses ini terjadi dalam dua cara, yaitu:

  • Anabolisme. Proses anabolisme adalah proses pembentukan(sintesa) zat organik komplek yang berasal dari zat yang lebih sederhana. Berbagai zat yang Anda dapatkan dari makanan, akan dikumpulkan tubuh kemudian dibentuk menjadi suatu zat yang baru yang bisa digunakan tubuh untuk menjalani fungsinya. Proses ini terjadi ketika tubuh memperbaiki jaringan yang rusak, serta membangun dan menghasilkan berbagai hormon. Proses ini akan menghabiskan energi.

    Anabolisme : proses pembentukan. Contoh Anabolisme :

    • Glikogenesis : proses pembentukan glikogen dari glucose

    • Glikoneogenesis : proses pembentukan glukose dari protein atau lemak

  • Katabolisme . Proses katabolisme adalah proses memecah zat gizi menjadi lebih kecil agar bisa disimpan oleh tubuh atau proses penguraian makanan menjadi energi, yang terjadi pada proses respirasi sel. hal ini terjadi ketika pembentukan energi terjadi. Jadi, saat Anda mengonsumsi nasi atau makanan pokok lain kemudian diubah oleh tubuh untuk menjadi energi utama, maka saat itu katabolisme terjadi. Proses ini menghasilkan energy

    Contoh Katabolisme :

    • Glikogenolisis : proses pemecahan glikogen menjadi glucose

    • Glikolisis : proses pemecahan glukose menjadi asam piruvat

Metabolisme tubuh adalah proses untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Tubuh kita mengambil kalori dari yang kita makan dan minum, kemudian menggunakan oksigen untuk melepaskan energi yang dibutuhkan. Karena itu tingka aktifitas metabolisme seseorang dapat dinilai dengan melihat besarnya energi yang digunakan yang dapat dilihat dari besarnya panas yang dilepaskan oleh badan atau besarnya pemakaian oksigen.

Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak juga kalori yang dibakar oleh tubuh. Sehingga, jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh akan sangat membantu. Bukan hanya dapat membakar kalori lebih banyak dan cepat, meningkatkan metabolisme tubuh juga dapat menambah energi, kulit yang lebih segar, dan memperbaiki mood.

Kegiatan olahraga, diet dan tidur mampu meningkatkan metabolisme tubuh.