Apa yang dimaksud dengan Merit Goods?

Merit Goods

Merit Goods adalah barang atau jasa yang konsumsinya secara keseluruhan diyakini memberi manfaat lebih besar daripada yang tercermin dalam preferensi konsumen sendiri terhadapnya. Ini menyiratkan bahwa mereka memiliki efek eksternal yang menguntungkan, seperti membuat orang yang menkosumsinya menjadi yang lebih baik atau lebih produktif.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Definisi Merit Goods

Barang merit atau merit goods adalah barang dan jasa yang menurut pemerintah akan kurang dikonsumsi masyarakat dan yang seharusnya disubsidi atau diberikan gratis pada saat digunakan sehingga konsumsi tidak bergantung terutama pada kemampuan membayar barang atau jasa tersebut.

Barang merit merupakan kebalikan dari barang demerit. mereka adalah barang yang dianggap diinginkan secara sosial dan kemungkinan besar diproduksi dan kurang dikonsumsi melalui mekanisme pasar.

Berbeda dengan barang publik murni, barang jasa bisa dan memang disediakan melalui pasar tetapi tidak harus dalam jumlah yang cukup untuk memaksimalkan kesejahteraan sosial. Jadi barang-barang seperti pendidikan dan perawatan kesehatan disediakan oleh negara tetapi ada juga penyediaan sektor swasta yang paralel dan berkembang pesat.

Karakteristik Merit Goods

Barang merit memiliki dua karakteristik.

  1. Orang tidak menyadari manfaat pribadi yang sebenarnya.
  2. Biasanya barang tersebut juga memiliki eksternalitas yang positif.

Pada poin pertama. tidak seperti barang pribadi, keuntungan pribadi bersih bagi konsumen tidak sepenuhnya diakui pada saat konsumsi. Manfaat pribadi bersih adalah utilitas yang diperoleh dari konsumsi dikurangi biaya pribadi yang timbul dan sama dengan surplus konsumen bersih.

Dalam kasus pendidikan yang secara luas dianggap sebagai barang prestasi, siswa tidak mungkin mengetahui manfaat pribadi tertentu bagi mereka untuk mendapatkan nilai bagus di sekolah, perguruan tinggi, atau universitas. Mereka akan sangat menyadari pengorbanan yang diperlukan untuk belajar tetapi tidak akan mengetahui manfaat bagi mereka dalam hal pekerjaan, gaji, status, dan keterampilan di masa depan. Oleh karena itu, terdapat kegagalan informasi yang signifikan dalam kaitannya dengan manfaat yang diharapkan.

Pada poin kedua, konsumsi barang jasa juga menghasilkan manfaat eksternal bagi orang lain yang diperoleh masyarakat, tetapi manfaat tersebut tidak mungkin diketahui atau dikenali pada titik konsumsi. Karena keputusan untuk mengkonsumsi didorong oleh kepentingan pribadi, kecil kemungkinan manfaat eksternal ini akan diperhitungkan ketika konsumen suatu barang jasa mengevaluasi nilainya.

Contoh dari Barang Merit

  • Perawatan Kesehatan - orang meremehkan manfaat mendapatkan vaksinasi. Jika orang mendapatkan vaksinasi, maka akan ada keuntungan pribadi dalam melindungi dari penyakit. Selain itu, akan ada manfaat eksternal bagi seluruh masyarakat karena akan membantu mengurangi prevalensi penyakit di seluruh masyarakat.
  • Museum - manfaat pendidikan museum mungkin tidak dihargai.
    Makan buah dan sayur - Pola makan buah mentah memberikan manfaat kesehatan bagi konsumen tetapi kita mungkin lebih memilih makanan yang tidak sehat.
  • Pendidikan - Orang mungkin meremehkan manfaat belajar dan memutuskan untuk meninggalkan sekolah lebih awal atau tidak mendapatkan nilai bagus.
Sumber

Explaining Merit Goods. https://www.tutor2u.net/economics/reference/merit-goods#:~:text=Merit%20goods%20are%20those%20goods,for%20the%20good%20or%20service. Diakses pada 15 April 2021.