© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan Melanogenesis?

Berkaitan dengan beredarnya krim pemutih yang menjanjikan kulit putih hanya dalam seminggu. Hal ini membuat banyak wanita yang tertarik untuk mencobanya, patut menjadi perhatian dan pengetahuan bagi wanita sebagai pemakai krim pemutih tersebut apakah untuk kulit putih ini dapat dilakukan dengan cara instan dan seperti apa proses melanogenesis itu. Mohon penjelasannya sebagai langkah preventif dari krim-krim yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

Proses pembentukan melanin (melanogenesis) diawali dengan oksidasi dariasam aminotirosin menjadi L-dihidroksifenilalanin (L-DOPA) dan kemudianmenjadi dopakuinon. Tahap ini dipercepat oleh enzim tirosinase dan merupakantahap kritis dalam melanogenesis.Proses selanjutnya adalah polimerisasi dari dopakinon menjadi melanin, yaituberupa eumelanin dan feomelanin yang dapat terjadi secara spontan pada pHfisiologis. Pigmentasi dapat diregulasi dengan mengontrol proses melanogenesis.Salah satu caranya adalah dengan menambahkan senyawa yang dapatmenghambat aktivitas enzim tirosinase.

sumber:

Melanogenesis merupakan proses pembentukan melanin pada sel. Proses pembentukan melanin iniakan lebih cepat terjadi apabila terpapar sinar ultraviolet. Melanosit merupakan satu-satunya sel tempat pembentukan melanin. Melanosit ditemukan di kulit yaitu bagian matrik rambut dan lapisan basal epidermis kulit, semua membran mukosa, sistem uveal, epitel retina dan pada pembuluh darah stria di dalam telinga (Fitzpatricks, 2003).

Melanin adalah produk utama dari melanosit dan merupakan penentu perbedaan warna kulit. Melanin disintesis dalam dua bentuk utama yaitu warna hitam dan coklat-kehitaman, eumelanin insoluble, dan warna cerah merah-kekuningan, alkali soluble, sulfur yang mengandung pheomelanin (Fitzpatricks, 2003). Melanosit mengandung organel-organel sitoplasma yang disebut melanosom, tempat pembentukan melanin dan tirosin.

Melanosom bermigrasi sepanjang dendrit dari melanosit, dan ditransfer ke dalam keratinosit pada stratum spinosum (lapisan sel prikel). Pada orang kulit putih melanosom mengelompok bersama membentuk kompleks melanosom yang terikat membran dan secara bertahap berdegenerasi ketika keratinosit bergerak menuju permukaan kulit. Pada orang kulit hitam, jumlah melanositnya sama dengan jumlah melanosit pada orang kulit putih, tetapi melanosomnya lebih besar, tetap terpisah, dan secara persisten memenuhi seluruh ketebalan epidermis. Stimulus utama bagi pembentukan melanin adalah radiasi ultraviolet (UV). Melanin melindungi inti sel pada epidermis terhadap pengaruh buruk dari radiasi UV.
Warna kecoklatan karena kulit terkena sinar matahari merupakan suatu mekanisme perlindungan yang alami. Neoplasma kulit sangat jarang terjadi pada orang berkulit gelap, karena kulit mereka terlindungi dari pengaruh buruk UV berkat banyaknya kandungan melanin. Hal ini tidak terjadi pada orang berkulit terang yang kandungan melanin pada kulitnya jarang (Burns, 2005).