Apa yang dimaksud dengan Melanin?

Melanin

Melanin adalah zat warna hitam yang terdapat dalam berbagai scrangga, rambrn hewan, clan Wit hitam; kromoprotein yang hanya larut dalam alkali clan terbentuk oleh oksidasi cincin tirosina dari protein (putih); rumus: C77H98O33N14S

Sumber
  • A. Hadyana Pudjaatmaka, Dedi Fardias, Agus Taufiq, 1993, Seri Kamus Kimia: Kimia Pangan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna rambut Anda. Ketika produksi pigmen ini melambat, rambut berubah menjadi abu-abu atau putih.

Karena warna-warna ini sebagian besar melambangkan bertambahnya usia, banyak yang tertarik untuk meningkatkan produksi melanin dan mengembalikan warnanya sesegera mungkin.

Peran apa yang dimainkan melanin di rambut kita?

Melanin menentukan warna rambut

Warna rambut Anda ditentukan oleh jenis dan jumlah melanin di rambut Anda.

Genetika memainkan peran besar dalam jenis melanin yang Anda miliki sejak lahir. Dua jenis melanin yang mungkin Anda miliki adalah:

Eumelanin: memberi warna gelap pada rambut
Pheomelanins: memberi warna terang pada rambut

Jumlah yang berbeda dari kedua jenis melanin ini juga menentukan warna rambut, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Warna rambut Jenis melanin
hitam eumelanin dalam jumlah besar
coklat eumelanin dalam jumlah sedang
pirang sangat sedikit eumelanin
pirang stroberi campuran eumelanin coklat dan pheomelanin
merah kebanyakan pheomelanin dengan sejumlah kecil eumelanin

Melanin melindungi rambut dari sinar matahari

Menurut Nikki Goddard, seorang penata rambut bersertifikat dengan gelar associate di bidang tata rias, melanin memainkan peran biologis penting lainnya dalam rambut: Melanin melindungi rambut dari sinar matahari (fotoproteksi) dan pancaran sinar ultraviolet (UV).

“Yang terakhir dikondisikan oleh jenis melanin dan konsentrasinya. Misalnya, rambut hitam lebih tahan terhadap sinar UV dan kerusakan daripada rambut terang karena fotostabilitas eumelanin lebih tinggi dibandingkan dengan pheomelanin. ”

Melanin memengaruhi warna rambut seiring bertambahnya usia

Melanin mengalami perubahan pigmentasi yang signifikan sepanjang hidup seseorang. Dengan kata lain, warna rambut Anda tidak selalu sama.

Inilah sebabnya mengapa seorang anak berambut pirang mungkin lebih dekat dengan seorang berambut cokelat di masa remaja dan dewasanya. Penggelapan warna juga bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti racun, polutan, dan iklim.

Perlambatan produksi melanin hanyalah bagian dari penuaan. ResearchTrusted Source telah menemukan bahwa kebanyakan orang mulai mengembangkan rambut beruban atau putih sebelum usia 50 tahun.

Melanin juga mempengaruhi vitalitas rambut

Melanin yang melambat tidak hanya memengaruhi pigmen rambut. Goddard menjelaskan bahwa itu juga memengaruhi vitalitas rambut.

“Memang, melanin memainkan peran pelindung: Jumlah eumelanin yang lebih besar melindungi rambut dari paparan sinar matahari tingkat tinggi dan konsekuensi yang tidak diinginkan seperti kekeringan dan kerapuhan.”

Inilah sebabnya mengapa uban, yang tidak mengandung melanin, seringkali memiliki tekstur yang kering dan rapuh.

Dapatkah suplemen melanin membantu mengembalikan warna dan vitalitas rambut?

Sejauh ini, belum ada penelitian ilmiah yang cukup untuk membuktikan bahwa suplemen melanin dapat membantu mencegah atau membalikkan uban.

Produk ini juga sering kali tidak disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Anda harus membaca ulasan pelanggan dan memutuskan sendiri apakah itu sepadan.

Bisakah makanan tertentu meningkatkan pertumbuhan melanin pada rambut?

Makanan kaya antioksidan

Banyak makanan yang sarat dengan vitamin peningkat rambut.

Ini sebagian besar termasuk makanan dengan konsentrasi antioksidan tinggi, yang terbukti meningkatkan produksi melanin. Sebagai manfaat tambahan, antioksidan membantu melindungi sel Anda dari efek radikal bebas yang merusak.

Makanan yang kaya antioksidan antara lain:

  • coklat hitam
  • bluberi
  • sayuran berdaun hijau
  • kacang pikan
  • kacang polong
  • artichoke

Makanan yang mengandung tembaga

Karena tembaga berperan dalam produksi melanin, Anda juga ingin memasukkan makanan berikut ke dalam makanan Anda:

  • daging kepiting
  • kacang almond
  • kacang-kacangan
  • kacang kacangan
  • hati sapi
  • jamur putih

Makanan dengan vitamin A, C, dan E.

Terakhir, vitamin A, C, dan E telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam memperbaiki rambut, kulit, dan kuku. Misalnya, penelitian telah menemukan bahwa vitamin ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari.

Mendapatkan cukup makanan ini dalam diet Anda membutuhkan beberapa penyesuaian. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk menambahkan vitamin ini ke dalam makanan Anda.

Vitamin A Vitamin C Vitamin E
sayuran berwarna orange sayuran berdaun hijau sayuran
ikan buah jeruk kacang-kacangan dan biji-bijian
daging buah beri biji-bijian yang sehat
Sumber