Apa yang Dimaksud dengan Media Transmisi?

Media transmisi merupakan hal yang sangat penting dalam hal jaringan komputer, apa yang dimaksud dari media transmisi?

Media transmisi adalah media yang membawa informasi dari pengirim ke penerima. Menggunakan berbagai jenis kabel atau gelombang untuk mentransmisikan data. Proses transmisi data dapat dengan cara normal yaitu melalui sinyal listrik ataupun elektromagnetik.

Sinyal listrik adalah sinyal yang berupa arus. Sinyal elektromagnetik adalah rangkaian pulsa energi elektromagnetik pada berbagai frekuensi. Sinyal ini dapat ditransmisikan melalui kabel tembaga, serat optik, atmosfer, air dan vakum. Setiap media memiliki perbedaan, seperti pada bandwith, delay, biaya, dan kemudahan dalam pemasangan dan perawatannya.

Jenis-jenis media transmisi :

  1. Media transmisi kabel atau terikat.
  2. Media transmisi nirkabel atau tidak terikat.

Media tranmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi(data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode, dan kode inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah menjadi data. Jenis media tranmisi ada dua. Pertama, Guided transmission media(Wired) atau media transmisi terpadu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel seperti UTP, STP, dan coaxial cable. Kedua, Unguided transmission(Wireless) yaitu jaringan yang menggunakan sistem gelombang seperti gelombang mikro, satelit, dan inframerah.

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.