Apa yang dimaksud dengan Manajemen Rantai Pasokan atau Supply Chain Management?

Supply Chain Management

Supply Chain Management atau Manajemen Rantai Pasokan adalah adalah pengintegrasian jaringan pemasok, pabrik, gudang, pusat distribusi, dan pengecer di mana bahan baku diperoleh, diubah, dan dikirim ke pelanggan.

Referensi : Louise Kelly & Chris Booth, 2004, Dictionary of Strategy: Strategic Management, SAGE Publications, Inc.

Supply Chain Management sebagai istilah bagi pengelolaan rantai pemasok dan pembeli, yang mencakup semua tahap pemrosesan dari pembelian bahan baku sampai pendistribusian barang jadi kepada konsumen akhir. Supply Chain Management (manajemen rantai pasokan) adalah integrasi aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setengah jadi dan produk akhir, serta pengiriman ke pelanggan. Tujuannya adalah untuk membangun sebuah rantai pemasok yang memusatkan perhatian untuk memaksimalkan nilai bagi pelanggan. Kunci bagi manajemen rantai pasokan yang efektif adalah menjadikan para pemasok sebagai “mitra” dalam strategi perusahaan untuk memenui pasar yang selalu berubah. Heizer and Render (2009).

Supply Chain Manajemen atau manajemen rantai pasokan adalah integrasi proses bisnis antara jaringan yang saling berhubungan dengan pemasok, produsen, pusat distribusi, dan pengecer untuk meningkatkan meningkatkan aliran barang, jasa, dan informasi dari pemasok untuk pelanggan akhir, dengan tujuan mengurangi biaya seluruh sistem dan tetap menjaga tingkat layanan. Li,Suhong et al,. (2006).

Supply Chain Management merupakan kegiatan pengolahan bahan mentah menjadi barang dalam proses atau barang setengah jadi dan barang jadi kemudian mengirimkan produk tersebut ke konsumen melalui sistem distribusi. Kegiatan ini mencakup fungsi pembelian yang berhubungan antara pemasok dan distributor. Heizer & Render (2004) dalam Pambudi (2016).

Indrajit dan Djokopranoto dalam Isnanto (2009) mengungkapkan Supply Chain Management (manajemen rantai pasokan) adalah suatu sistem tempat organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini juga merupakan jaringan dari berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebaik mungkin menyelenggarakan pengadaan atau barang tersebut, istilah Supply Chain Management meliputi juga proses perubahan barang tersebut, misalnya dari barang mentah menjadi barang jadi.

Strategi dalam rangka pencapaian daya saing yang tinggi sangat tergantung dari efesiensi dan produktivitas antar area fungsi dalam perusahaan, untuk lebih responsif terhadap kebutuhan konsumen dan permintaan pasar. Bukan hanya tingginya kualitas produk yang disampaikan kepada konsumen yang menjadi fokus perusahaan, Supply Chain Management juga bisa didefinisakan sebagai seperangkat pendekatan yang diterapkan untuk mencapai efesiensi integrasi Supplier, manufaktur, gudang, dan penyimpanan sehingga barang dapat di produksi dan didistribusika dalam jumlah yang tepat, lokasi yang tepat, untuk meminimalkan biaya dan memberikan layanan yang memuaskan Simichi-Levi (2000) dalam Wulandari et al., (2016)

Simichi-Levi, et al. (2007) dalam Ariani (2013) menyatakan manajemen rantai pasokan sebagai sebuah pendekatan yang diterapkan untuk menyatukan pemasok, pengusaha, gudang, dan tempat penyimpanan lainnya (distributor dan pengecer) secara efisien, sehingga produk dapat dihasilkan dan distribusikan dengan jumlah yang tepat, lokasi yang tepat, dan waktu yang tepat untuk menurunkan biaya dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Definisi tersebut didasarkan atas beberapa hal:

  1. Manajemen rantai pasokan perlu mempertimbangkan bahwa semua kegiatan mulai dari pemasok, manufaktur, gudang, distributor, sampai ke pengecer berdampak pada biaya produk yang diproduksi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tujuan dari manajemen rantai pasokan adalah agar total biaya dari semua bagian, mulai dari transportasi dan distribusi persediaan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga mengurangi biaya.

  2. Manajemen rantai pasokan berputar pada integrasi yang efisien dari pemasok, manufaktur, gudang, distributor, dan pengecer yang mencakup semua aktivitas perusahaan, mulai dari tingkat strategis sampai tingkat taktik operasional.

Jenis Supply Chain Management


Supply chain ada beberapa pemain utama yang merupakan perusahaan-perusahaan yang mempunyai kepentingan yang sama menurut Indrajit dan Djokopranoto, (2002) dalam Ariani (2013) yaitu:

1. Chain 1 : Suppliers

Merupakan sumber yang menyediakan bahan pertama. Bahan pertama ini bisa dalam bentuk bahan baku, bahan mentah, bahan penolong, bahan dagangan, subassemblies, suku cadang, dan sebagainya.

2. Chain 1-2 : Suppliers - Manufacturer

Manufacturer atau bentuk lain yang melakukan pekerjaan membuat, mempabrikasi, mengasembling, merakit, dan mengkonversikan, atau pun menyelesaikan barang ( finishing ). Hubungan kedua rantai tersebut sudah mempunyai potensi untuk melakukan penghematan. Penghematan dapat diperoleh dari inventories bahan baku, bahan setengah jadi, dan bahan jadi yang berada di pihak suppliers, manufacturer , dan tempat transit merupakan target untuk penghematan ini.

3. Chain 1-2-3 : Supplier - Manufacturer - Distribution

Barang sudah jadi yang dihasilkan oleh manufacturer sudah mulai harus disalurkan kepada pelanggan. Penyaluran barang dilakukan melalui distributor. Barang dari pabrik melalui gudangnya disalurkan ke gudang distributor atau wholesaler atau pedagang besar dalam jumlah besar, dan pedagang besar menyalurkan dalam jumlah yang lebih kecil kepada retailers atau pengecer.

4. Chain 1-2-3-4 : Supplier - Manufacturer - Distribution - Retail Outlets

Pedagang besar biasanya mempunyai fasilitas gudang sendiri yang digunakan untuk menimbun barang sebelum disalurkan lagi ke pihak pengecer. Walaupun ada beberapa pabrik yang langsung menjual barang hasil produksinya kepada customer , namun secara relatif jumlahnya tidak banyak.

5. Chain 1-2-3-4-5 : Supplier - Manufacturer - Distribution - Retailer Outlets- Customers

Customer merupakan rantai terakhir yang dilalui dalam supply chain . Para pengecer atau retailers ini menawarkan barangnya langsung kepada para pelangan atau pembeli atau pengguna barang tersebut. Perusahaan yang berada dalam supply chain pada intinya ingin memuaskan konsumen dengan bekerja sama membuat produk yang murah, mengirimkan tepat waktu dan dengan kualitas yang bagus (Rahmasari, 2011).

Supply chain management adalah koordinasi strategis terhadap fungsi-fungsi bisnis dalam sebuah organisasi bisnis dan disepanjang rantai pasokannya dengan tujuan untuk mengintegrasikan menajemen pasokan dan permintaan (William J. Stevenson, 2014).

Jay Heizer dan Barry Render (2005) Manajemen rantai pasokan adalah pengintegrasian aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi sarang setengah jadi dari produk akhir, serta pengiriman ke pelanggan.

Suhong Li et al (2006) Idikator keberhasilan Supply Chain Management dapat dilihat dari:

  1. Strategic supplier partnership

Kemitraan strategis dengan pemasok memungkinkan organisasi untuk bekerja lebih efektif dengan beberapa pemasok penting yang bersedia untuk berbagi tanggung jawab untuk keberhasilan produk. Kemitraan pemasok yang efektif dapat menjadi komponen penting dari rantai pasokan terdepan.

  1. Customer relationship

Seluruh praktek yang digunakan untuk mengelola keluhan pelanggan, membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan. Hubungan yang baik diperlukan untuk keberhasilan pelaksanaan program supply chain management dengan mempertahankan loyalitas pelanggan, membedakan produk dari pesaing dan memperluas nilai pada pelanggan.

  1. Information Sharing Regina Suharto dan Devie (2013)

Berbagi informasi antar mitra usaha dapat berupa taktik strategi, kondisi pasar secara umum, dan informasi mengenai pelanggan. Dengan saling melakukan pertukaran informasi antar anggota dalam supply chain maka informasi tersebut dapat digunakan sebagai sumber keunggulan bersaing.

Komponen Supply Chain Management

Lambert dkk. (1998) memberikan usulan tiga elemen yang bisa membantu untuk mendukung definisi SCM. Ketiga elemen tersebut adalah:

  1. Proses supply chain . Mencakup proses produksi hingga menghasilkan produk yang memiliki nilai lebih bagi pengguna akhir.

  2. Komponen supply chain . Mengelola proses bisnis secara terintegrasi dan menyeluruh.

  3. Stuktur supply chain . Membagi peranan organisasi dalam supply chain

Konsep SCM didukung oleh teori sistem (Chandra dan Tumanyan, 2005). Komponen yang terdapat dalam sistem diantaranya: input, proses, mekanisme, output, agen, fungsi, dan lingkungan. Teori sistem merupakan filosofi dasar konseptual dan aspek penting dari pengelolaan lingkungan (setelah O’riordan , 1981). Sebagian dari kegiatan SCM yang berkelanjutan memiliki dampak di tempat lain.