Apa yang dimaksud dengan Malware?


Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server atau jejaring komputer tanpa izin termaklum dari pemilik.
Apa yang dimaksud dengan Malware?

Istilah malware adalah perangkat lunak berbahaya dibuat dengan tujuan merusak perangkat, mencuri data, dan umumnya menyebabkan kekacauan. Virus, Trojan, spyware, dan ransomware adalah beberapa jenis malware. Malware sering dibuat oleh tim peretas, biasanya mereka hanya mencari uang, baik dengan menyebarkan malware itu sendiri atau menjualnya kepada penawar tertinggi di Web Gelap. Namun, bisa ada alasan lain untuk membuat malware juga - itu dapat digunakan sebagai alat untuk protes, cara untuk menguji keamanan, atau bahkan sebagai senjata perang antar pemerintah.

Tapi tidak peduli mengapa atau bagaimana malware itu muncul, itu selalu berita buruk ketika berakhir di PC Anda. Untungnya, itulah yang ingin kami cegah.
Segala macam hal. Ini adalah kategori yang sangat luas, dan apa yang dilakukan malware atau bagaimana malware bekerja mengubah dari file ke file. Berikut ini adalah daftar jenis malware yang umum, tetapi hampir tidak lengkap:

Virus: Seperti senama biologisnya, virus melampirkan diri pada file bersih dan menginfeksi file bersih lainnya. Mereka dapat menyebar tanpa terkendali, merusak fungsionalitas inti sistem dan menghapus atau merusak file. Biasanya muncul sebagai file yang dapat dieksekusi (.exe).

Trojan: Jenis malware ini menyamarkan dirinya sebagai perangkat lunak yang sah, atau disembunyikan dalam perangkat lunak yang sah yang telah dirusak. Itu cenderung bertindak diam-diam dan membuat backdoors di keamanan Anda untuk membiarkan malware lain masuk

Spyware: Tidak mengherankan di sini - spyware adalah malware yang dirancang untuk memata-matai Anda. Ia bersembunyi di latar belakang dan membuat catatan tentang apa yang Anda lakukan online, termasuk kata sandi, nomor kartu kredit, kebiasaan berselancar, dan banyak lagi.

Worms: Worms menginfeksi seluruh jaringan perangkat, baik lokal atau di internet, dengan menggunakan antarmuka jaringan. Ia menggunakan setiap mesin yang terinfeksi secara berurutan untuk menginfeksi yang lain.

Ransomware: Malware jenis ini biasanya mengunci komputer dan file Anda, dan mengancam akan menghapus semuanya kecuali Anda membayar uang tebusan.

Adware: Meskipun tidak selalu berbahaya, perangkat lunak periklanan yang agresif dapat merusak keamanan Anda hanya untuk melayani Anda iklan - yang dapat memberikan malware lainnya cara yang mudah. ​​Plus, mari kita hadapi: pop-up sangat mengganggu.

Botnet: Botnet adalah jaringan komputer yang terinfeksi yang dibuat untuk bekerja bersama di bawah kendali penyerang.

Sumber

https://www.avg.com/en/signal/what-is-malware